Service Printer Epson Hasil Cetak Bergaris

Service Printer Epson Hasil Cetak BergarisMelaui artikel "Service Printer Epson Hasil Cetak Bergaris" kali ini mau berbagi sedikit tips yang bagi saya pribadi sangat berguna. Sering kali saya menemui printer teman termasuk pengalaman saya sendiri, yaitu hasil cetakan pada printer Epson bergaris. Yang lebih parah lagi printer baru beli belum ada satu bulan, hasil cetakan sudah cacat alias bergaris (uhhh jengkel campur kesel pastinya).


Pengalaman saya baru beli priter Epson Stylus T20E pakai, ehhh belum ada seminggu di pakai hasil cetakan sudah garis-garis untuk yang warna (gimana gak kesel coba?), padahal kalau printer Epson ini normal, hasil cetakan untuk foto bisa bagus.
Tanya-tanya ama temen, disaranin coba aja dicleaning head. Dah saya coba dah cleaning head. Coba buat print warna ehhhh malah tambah parah.
Ternyata saya dapat juga jawabannya, masuk akal, di praktekkan berhasil, dan printer gw Epson Stylus T20E hampir setahun dipakai sampai sekarang gak ada masalah.
Begini caranya (Ehhh dikasihhh tau gak yaaa???) OK OK gw kasih tau :
Ternyata caranya emang bener pake Cleaning Head, cuman itu aja gak cukup, masih ada yang kelewatan. Ok ikutin aja langkah-langkanya (urut lho ya, gak boleh terbalik) heee.... :
1. Buka Printing Preferences, banyak caranya. Salah satunya melalui :
  • START
  • CONTROL PANEL
  • PRINTER and FAXES
  • klik kanan icon Epson
  • klik Printing Preferences
  • Sehingga tampil kotak dialog seperti gambar di bawah


















2. Pilih tap Maintenance
3. Klik Head Cleaning, kemudian klik Start (Tunggu sampai proses cleaning selesai).
4. Setelah proses Cleaning selesai, diamkan printer kurang lebih 30 menit alias jangan gunakan printer untuk mencetak sebelum 30 menit kemudian (malah semakin lama semakin baik). Dilangkah ini lah yang sering kali tidak dilakukan, sehingga meskipun printer telah di Head Cleaning berkali-kali, hasil tetap tidak memuaskan bahkan semakin jelek hasil cetakan.
5. Langkah berikutnya lakukan pengecekan hasil print, dengan cara masukkan kertas pada printer kemudian klik Nozzle Check. Jika proses cleaning berhasil, maka hasil cetakan akan terlihat seperti gambar di bawah.



















Untuk masalah cetak bergaris yang lebih parah, solusinya klik DISINI
Artikel revisi klik DISINI


Semoga bermanfaat, sedikit ilmu ini.

15 komentar:

wowo thnks bnget ya bro, akhrnya printer w smbuh

thx infonya...sgat membantu
msalah ini sy alami bbrp bulan ini, krn printer ini kerjaan sy jd kyk it aja pdhl sy bukan it hehehehe...thx y

kalo printer canon g mana mas bro?????

sdah pernah sy bahas tu

http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-memperbaiki-cartridge-yang-rusak.html

http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-agar-cartridge-canon-awet.html

HADEEEEH KEREN BENER... BARU NI YANG NAMANYA PUNYA ILMU DI AMALKAN... THANK BERAT GAN... SMOGA SUKSES SLALU....

kalau tetep gax bisa gimana gan ???

kalau epson t13 gak mau ngeprint gmn mas????padahal cleaning udah ok,untuk diperintah ngeprintnya yang g mau...

@msupri
wah aneh tu.. belum pernah nemui kasus itu

dlu printerku kayak gtu gan...
krena cara menaruh tintanya sejajar dengan printer..seharusnya ditaruh lbih dibawah printer gan...mungkin jg karena instalanya kurang sempurna...semoga bermanfaat
klick bebas@ soryi gan numpang kopas...cuma buat catatan pribadi saja...thanks

Gan kalo salah satu tinta warnanya gak kluar g'mna gan???
punya saya e[son L800 tinta warna mrah mudahnya ga' kluar pas di nozzle check...
mhon bantuanya bang...

maknyus kk,manjur buat epson tx121 gw, garis merah itu wajib dilaksanaken

kalo hitam,a saja yg bergaris gimna

priter saya hitam,a pergaris kalo ngeperint txt tidak sempurna hasil,a

cuman bergaris di satu titi lurus kebawah,kalau kaya gtu bagaimana?

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.