Tips Memilih Tinta Printer


Berikut salah satu tips cara memilih tinta printer yang aman untuk printer dan tentunya masih ada tips-tips yang lain yang mungkin bisa melengkapi. Saat ini banyak merk tinta printer yang beredar di pasaran, apakah semua aman untuk head cartridge? Dari pengalaman atau beberapa kasus pengguna printer, sebagian besar head cartridge bermasalah disebabkan oleh pemilihan tinta yang salah. Tidak etis di sini menyebutkan merk tinta tertentu lebih baik dari merk tinta yang lainnya. Tips pengujian berikut yang menurut klikbebas bisa masuk akal dan mudah dipraktekkan.

Tinta yang bagus untuk head cartridge salah satunya tidak boleh mengandung garam, sekecil apapun kandungan garam pada tinta lama-lama akan membentuk endapan, kerak, mengering, menyumbat head cartridge. Efeknya biasanya dalam jangka pemakaian printer, lama tidaknya bermasalah tergantung banyak sedikitnya kandungan garam dalam tinta. Permasalahan biasanya ditandai dengan hasil cetak printer bergaris, head cartridge tersumbat.

Berikut pengujiannya :

Cara pertama (pengujian secara awam) :
Bahan :
- Kaca datar
- Air suling / disebut aquades. Air ini murni H2O tidak tercampuri larutan mineral (seperti zat kapur, garam, timbal, dll). Bisa dibeli di toko kimia atau apotek.
- Tinta yang akan diuji tentunya....

Langkah-langkah :
Teteskan masing-masing 2 tetes / 1 : 1 (air suling & tinta) diatas kaca datar ---> diamkan beberapa saat sampai mengering ---> kemudian amati.

Jika terdapat kristal-kristal halus, maka tinta tersebut mengandung garam.

Cara kedua (pengujian secara lab) :
Bahan :
- tabung reaksi
- air suling
- tinta
metal nitrate concentation 1 mol

Langkah-langkah :
Buatlah dalam tabung reaksi larutan air suling dan tinta dengan perbandingan 1 : 1 (masing-masing 3 cc) ---> kemudian teteskan 2 tetes metal nitrate concentation 1 mol ke dalam larutan yang sudah dibuat ---> kemudian amati

apakah larutan tetap bening/tidak berubah warna atau larutan berubah menjadi keruh?
jika larutan berubah menjadi keruh, berarti tinta mengandung garam.

Bagaimana dengan merk tinta anda?
Apakah yang mahal selalu bagus?

Silahkan diuji.


3 komentar:

wah ribet juga ternyata ya..
trims buat infonya

@dwi
gak ada yg ribet untuk sesuatu yg bermanfaat. dari pada salah pilih tinta head cartridge rusak.. malah lebih ribet. terutama ribet duitnya.

berarti tinta yang bagus itu yang tidak ada garamnya ya ?

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.