Seputar Modifikasi Infus Canon iX6560

cara memasang Modifikasi Infus Canon iX6560
Hanya berbagi pengalaman semoga bermanfaat bagi yang lain. Kali ini tentang berbagai alternatif pilihan yang bisa dilakukan untuk modifikasi infus printer Canon iX6560, tentu saja setiap pilihan ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk pilihan silahkan disesuaikan menurut otak selera kebutuhan masing-masing.

Spesifikasi printer Canon iX6560 secara umum :
  • Bisa untuk mencetak dengan ukuran kertas sampai A3 (29,7x42 cm)
  • Jenis cartridge terpisah, maksudnya inktank bisa dilepas dari headnya, seperti cartridge pada printer Epson pada umumnya seperti T20E, T13, R270, dll.
  • Menggunakan 5 inktank cartridge terpisah dengan tipe CLI-725 (CMYK) & PGI-726 (BK). Tipe cartridge berikut bisa juga digunakan untuk printer Canon : iP4970, iP4870, iP6550, MG5170, MG5270, MX886, ada yg mo nambahin lagi...?
Bagi yang ingin memodifikasi infus ada 2 alternatif pilihan, yang masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk modifikasi infus printer tentu tujuan tidak lain pada permasalahan cartridgenya untuk bisa dihubungkan sambung dengan selang ke tabung tinta.

Alternatif Pertama
Menggunakan cartridge bawaan printer alias original.
Kelebihan :
- Jika menggunakan cartridge original tentu saja biaya lebih murah, karena tidak perlu membeli cartridge pengganti. Harga cartridge pengganti di pasaran saat ini sampai 200rb lebih.
Kekurangan :
- Bagi teknisi untuk pemasangan modifikasi infus jelas lebih ribet, karena mesti membuat lubang pada cartidge untuk menghubungkan selang infus menggunakan knee dan neple. Untuk membuat lubang pada cartridge printer Canon iX6560 lebih sulit dibandingkan dengan cartridge Canon yang lain semisal : iP2770, iP1980, iP1700 karena struktur dan bahannya yang berbeda. Jika pemasangan tidak pas sesuai prosedur akan mudah masuk angin, namun selama pemasangan benar tidak akan ada masalah.
- Tidak ada autoreset level tinta.

Alternatif Kedua
Menggunakan cartridge CISS pengganti.
Kelebihan :
- Bagi teknisi mudah pemasangannya, tinggal menghubungkan selang infus ke cartridge menggunakan knee dan neple beres, tanpa perlu membuat lubang di cartridge segala.
- Ada autoreset level tinta.
Kekurangan :
- Jelas harganya lebih mahal, karena membeli cartridge CISS pengganti yang harganya untuk saat ini sampai 200rb lebih.

Untuk yang lainnya seperti :
- Hasil cetakan antara cartridge original dan pengganti dilihat secara langsung, baik untuk mencetak normal atau best, tidak ada bedanya (dari pengalaman). Inipun bisa tergantung dari kwalitas cartridge pengganti dari pemroduksi.
- Untuk masalah keawetan relatif, tergantung pengalaman cara penggunaan masing-masing. Untuk menentukan mana yg lebih awet belum pernah mencoba dalam jangka waktu yang lama dengan cara penggunaan dan perlakuan yang sama pula. Makanya setiap pengalaman yang berbeda menghasilkan kesimpulan yang berbeda pula.
- Untuk autoreset level tinta sebenarnya tidak diperlukan dan hanya masalah display di komputer, lhohhh... kenapa? autoreset disini hanya reset level tinta saja, yang sebenarnya printer tidak bisa benar-benar mendeteksi tinta dalam cartridge habis ataupun belum. Printer hanya menghitung dari jumlah ukuran file yang dicetak. Jadi bisa jadi tampilan level tinta di komputer sudah habis, tapi sebenarnya jika dilihat tinta di dalam cartridge masih ada.

So... mana alternatif yang menjadi pilihan? tergantung otak selera kecerdasan masing-masing. Kalau ingin yang lebih hemat sepertinya Alternatif Pertama lebih masuk akal. Kalau ingin yang lebih simple pemasangannya gak pake ribet sepertinya Alternatif Kedua lebih masuk akal.

Dan saran saja bagi yang ingin infus printer Canon iX6560 atau Canon yang menggunakan cartridge sejenis, mending untuk awalnya menggunakan cartridge original bawaannya saja daripada membeli cartridge CISS pengganti. Kalau yang baru bisa dipakai? ngapain beli yang lain? Baru kemudian jika memang selama penggunaan cartridge original sudah rusak, bisa silahkan beli saja cartridge CISS pengganti, karena untuk membeli 1 cartridge warna yang original sampai 90rb dikalikan 5 warna bisa hitung sendiri deh...
Toh... untuk memasang menggantipun mudah tidak ribet.

34 komentar:

gambar itu kalau dak salah milik printcomp solo....kok dak di cantumkan sumbernya....

Gak pa2 . tidak ada ketentuan d dunia perblogeran harus mencantumkan. yg penting artikel bikinan sendiri.

toh sebagian besar artikel disini gambar hasil search d google. gambar hanya pendukung artikel.

aku nggak mau koment brow..
cuman mau nanya. APakah catrige canon ix6560 bisa disuntik alias diisi ulang??

@fire
la bisa dunkkk. lha catridnya d infus aja bisa. printsipnya kan... printer itu bisa d infus, klo catridnya bisa d isi ulang... klo catrid g bisa ya pake ciss pengganti tho.. kayak epson kebanyakan.

u nulis d kolom komenter berarti u koment to bro...

bagaimana cara megatasi bling 15 kali pada printer pixma ix 6560 bang
semoga ada pencerahan
makasih sebelumnya atas infonya

@budi
kira2 kok catridnya itu bang... kadang kotor chipnya, ato memang chipnya sudah rusak.. coba ganti pake catrid yg lain

mohon dishare langkah2nya karena saya masih awam dalam teknis printer, saya sama sekali tidak mengerti untuk merubahnya menjadi infus, saat ini saya sangat kesulitan. Mohon bantuannya..tks

Aku Gak Mau Komentar (he he he...)
Cuma mau nanya aja...
Kalau Cartrigde Asli, untuk ngeprint media A3, kira2 dapet brapa lembar...?

@bagus
wah.. gak pernah ngitung deh .. mungkin paling 100lbr jg dah habis.

apakah catridge original warnanya transparan ? shg bisa ngecek level tinta dlm catridge

mohon bantuannya, kalo ix6560 error 8200 kira2 apanya yg bermasalah. trims

bro, ix6560 ku blink 15x, di catridge hitam kecil (726) jg blink2 indikatornya. (semua katridge pakai cartridge ciss /pengganti).
karena di daerahku ga ada yg jual cartridge hitam ciss tsb, kubelikan yg original.
setelah dipasang, indikator/led cartridge ga blink lg, tp lampu resume tetap blink 15x.
di kompi ada notif "an inktank cannot be rocognized".
kira2 gmn solusinya gan..?
aku dah nyari resetter bwt seri ini tp blm dapat..
mohon bantuannya..
:(
trims

@akbar
coba pake cartrid yg sama. klo ori, ya ori semua, klo kompatible ya semua

kalo error b200 pada printer ix 6560, gimana solusinya gan???

Artikel yang bagus :). Sharing saja, untuk infusan saya di atas ( Gambar ), menggunakan cartridge original + damper. Dari pengalaman, menggunakan cartridge original, cenderung lebih bagus dari CISS Compatiblenya. Printer lebih awet dan tingkat eror / kerusakan lebih kecil. Akan tetapi, memang membutuhkan kesabaran dalam setting infus, baik sellang + tabung + damper dan Cartridge. Karena mesti secara teori sudah benar, belum tentu tinta dapat mengalis saat proses cleaning.

@printcomp
makasih master sudah mampir... makasih sharingnya... ijin copy fotonya

pagi gan ane mo tanya kalo pake tinta pigment bisa ga....
nd kalo lubangin tinta yang orinya titiknya dimana kalo bisa share ke email saya gan : maulana_graftiy@ymail.com

haloo para master sekalian
ini ane ada masalah B200 di ix6550...
piye ini? tulung2x maturnuhun pencerahannya

Tanya nih bro, sebenarnya penggunaan damper pada infusan itu berguna gak ya? Soalnya jika saya lihat sekilas sistemnya sama ja dengan infusan yg hanya menggunakan tabung tanpa damper...
Apa memang demikian? Thx

klo d lihat skilas tdak ada bedanya, bedanya tau klo d praktek in

@ilmu komputer, pertanyaan mengenai error B200 diIX6560 jangan di skip(dicuekin) dong, kalau bisa dijawab, kalau belum bisa bilang belum bisa.

gan ada solusi untuk waste ink full ga' ? (error 5B00)

Ganada yang tahu nggak kalau blink 5 x knp yach, benerkah printheadnya masalah?

masukan aja buat temen2 yg mau coba bikin infus utk canon pixma ix 6550. siapa tau bisa membantu. Nih aku kasih caranya...

1. Gunakan catridge yg ori utk hasil cetak maksimal.
2. siapkan solder, lem bakar, tabung infus dan tinta isi ulang. kalo bisa pake tinta isi ulang bermerk karena hasilnya lebih maksimal seperti orginal. misal blue print atau data print.
3. untuk catridge ix 6550, sebenarnya sudah ada lobangnya, tinggal keluarin aja bola penyumbatnya pake obeng kecil atau pake solder.
tapi kalo mau bikin lobang sendiri, tinggal tusuk aja pake solder.
4. jika lobang sudah terbuat, sesuaikan lobang dengan karet infusnya, jangan terlalu besar atau longgar karena bisa masuk angin.
5. Nah, untuk menghindari masuk angin, kasih lem bakar disekitar lobang infus.
6. tinggal sambungkan selang infus sesuai warnanya.
7. Atur selang infus supaya lancar dan tidak terganggu ketika proses cetak sedang berlangsung. biar lebih mudah, matikan printer trus gerakan ke kiri dan kekanan, kalo sudah mantap.. kasih isolasi posisi selang infusnya.
8. inget bro, jepit dulu tuh selang infus sebelum dipasang ke cartridge biar tinta gak keluar dan banjir.
9. silahkan dicoba, semoga bermanfaat. kalo ada yg mau nambahin.. silahkan...
mohon maaf jika ada kekurangan.

bro, ix6560 ku blink 13x,(semua katridge pakai cartridge mciss /pengganti).
di kompi ada notif "an inktank cannot be rocognized".
kira2 gmn solusinya gan..?

trims

erorr B200 itu Power Supply Unit (PSU) pada printer uda gak stabil lagi arusnya. ciba deh matikan dan cabut kabel listriknya, biarkan selama 15 menit. baru pasang kembali.

jika gak mau juga ganti PSUnya dengan yang baru...

Gan, cara memasang infus pada printer Canon ix6560 bagaimana?
Ane sudah buat lubang dan memasang selang infus ttapi ketika sdng print sangkut" selangnya

@jhonan
cari posisi yang pas.. atur cari posisi yg tidak nyangkut

mas bro Suhaimu....kira PSUnya bisa di ganti dgn canon yg lain ga?? thks ya

saya mau tanya!
printer saya ix6560 blink biru orange bergatian 12 x, pada saat di perintah prin ada peringatan cannot communicate with the printer (turn enable bi-direktional support on the printer
mohon bantuannya

Gan, mau tanya seputar Canon iX6560
Saya beli printer iX6560 baru, setelah itu saya modif dgn masih menggunakan catride ori dan sukses. setelah beberapa pemakaian indikator tinta biru menunjukan kalo akan habis. karena menggunakan modif catride ori otomatis tidak ada autoreset seperti halnya menggunakan catride ciss. setelah itu keluar pemberitahuan masalah tinta habis. saya klik ok saja. printer masih berjalan normal. setelah itu keluar indikator habis utk tinta kuning, terus gak lama tinta merah, gak lama lagi tinta hitam besar. printer masih dapat berjalan normal dan hasil print normal. tinggal tersisa tinta hitam kecil. tidak lama kemudian tinta kecil hitam juga habis, secara otomatis indikator tidak berfungsi lagi. pada blank semua. "The function for detecting the remaining levels of the following ink has been released". tetapi printer masih dapat berjalan.
sekarang yang jadi masalah. setiap kali mengeprint menggunakan tulisan atau gambar yg nge full block/tulisan bold warna hitam (dgn print quality standart) terdapat masalah hasil print tidak penuh atau putus". warna biru/merah/kuning tidak putus". setelah itu saya cleaning atau deep cleaning hasilnya tetap sama (saya coba berulang" kali). tapi (dgn print quality high) tidak putus" / normal.
pertanyaan :
1. kenapa dengan printer saya ya gan? apakah karena sudah tidak berfungsi lagi indikator tintanya sehingga putus".
2. adakah solusinya gan?

Poskan Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.