Cara Memperbaiki Cartridge yang Rusak

Berikut tips cara memperbaiki cartridge yang rusak, trik memperbaiki cartidge yang error bermasalah. Cara ini bisa dipakai pada cartridge printer Canon, dimana cartridde-nya antara head-chip-inktank gabung menjadi satu. Antara lain bisa tipe :
- Cartridge PG 830 & CL 831
- Cartridge PG 810 & CL 811
- Cartridge PG 40 & CL 41
Gejala dan penyebab cartridge rusak ada banyak, namun secara umum kerusakan cartridge canon hanya ada dua macam, yaitu : rusak head cartridge dan rusak chip cartridge.


Untuk mengetahui jenis kerusakan cartridge, silahkan terlebih dahulu klik artikelnya jenis kerusakan cartridge canon
Untuk mencegah agar cartridge tidak cepat rusak alias awet, silahkan klik artikelnya agar cartridge canon awet

OK sekarang mari langsung kita bahas satu per satu :

1. Head cartridge rusak
Penyebab
Head cartridge rusak bisa disebabkan oleh :
- penyumbatan akibat tinta yang mengering, sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta saat digunakan proses mencetak.
- kotoran atau sering kali debu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta, sehingga menyumbat lubang-lubang head (bahasa kerennya nozle).
- panas berlebih akibat head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
- ujung head tergores akibat benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras. diameter lubang head cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan mudah sekali rusak.
Solusi
Head cartridge rusak yang masih bisa diperbaiki yaitu : head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal debu yang masuk bercampur tinta. Solusi penangan tergantung kondisi kerusakan head cartridge, dari yang ringan sampai yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan sempurna saat mencetak.
- Penyumbatan ringan :
Lakukan proses cleaning menggunakan software dari bawaan printer, jika masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning menggunakan software bawaan printer juga.
- Penyumbatan sedang :












Dengan menggunakan alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun mudah cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot menggunakan suntikan.
- Penyumbatan berat :
Rendam head cartridge dengan menggunakan cairan cleaner (tentu saja bukan sembarang cairan cleaner), saat merendam jangan sampai membasahi sampai kena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit, 1 jam, bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga menggunakan toolkit penyedot cartridge.
- Penyumbatan extra berat : Tidak bisa dijelaskan dengan mendetail (untuk menjelaskan bisa sampai satu bahan posting). Tapi intinya menggunakan printer Canon (yang sudah tidak dipakai/rusak) yang dimodifikasi diambil fungsi vakumnya. Nah... vakum inilah yang kita manfaatin untuk membersihkan penyumbatan pada cartridge, cara kerjanya dengan membuat sirkulasi aliran dengan menggunakan bantuan vakum printer Canon bekas yang dimodif tersebut. Membuat aliran sirkulasi disini, dengan menggunakan cairan cleaner.

2. Chip cartridge rusak
Chip yang rusak biasa ditandai dengan pesan-pesan error pada komputer seperti : unrecognized cartridge, not compatible atau cartridge belum terpasang, yang intinya cartridge rusak harus diganti. Namun jangan diganti terlebih dahulu, siapa tau cara berikut bisa membantu.
Penyebab
- konsleting pada konektor akibat terkena cairan misal tinta.
- kelebihan arus akibat tegangan listrik yang tidak stabil.
- kotoran yang melekat pada konektor chip cartridge.
- terakhir ini kerusakan yang disebabkan oleh cartridge itu sendiri (wah bingung... gimana maksudnya?...). untuk yang satu ini belum tau juga kebenaranya hanya dengar sharing membaca search di Google, namun pada kenyataannya sering kali juga terjadi kerusakan pada cartridge yang sudah habis level tintanya atau yang sudah beberapa kali disuntik refill. Kembali pada cartridge yang rusak disebabkan oleh cartridge itu sendiri. Jadi pihak produsen memang sengaja membuat cartridge yang hanya sekali pakai sampai tinta habis dan cartrige istilahnya dirancang merusak dirinya sendiri begitu level tinta original habis. Tentu saja tujuan produsen agar pembeli tidak bisa lagi merefill atau menggunakan kembali cartridge yang telah habis tersebut dan ujung-ujungnya dituntut untuk membeli tinta dari cartridge original (wah... panjang juga).
Solusi
- Chip kotor
bersihkan menggunakan cairan alkohol, usapkan dengan tisu pada bagian konektor chip yang kotor.
- Chip rusak
cara ini kadang bisa membantu, tingkat keberhasilannya 50:50. Tidak ada salahnya juga untuk dicoba, jika masih ada kemungkinan untuk berhasil. Yaitu dengan cara memanaskan konektor chip menggunakan ujung solder. caranya :
- gunakan solder dengan ujung yang lancip.
- panaskan solder dengan panas sedang.









- oleskan FLUX solder pada conector chip, agar kabel flexible chip tidak rusak terkena solder nantinya.
- tempelkan ujung lancip solder pada masing-masing konektor chip cartridge selama kurang lebih 5 detik (hati-hati jangan sampai mengenai kabel flexible nya), lakukan dengan hati-hati.

Berikut hanya share dari pengalaman memperbaiki cartridge yag rusak, masalah cartridge rusak banyak macamnya, tulisan berikut semoga bisa memberi gambaran solusi masalah cartridge.
Tips diatas juga bisa berlaku pada memperbaiki cartridge printer HP dengan karakteristik yang sama.

Buat pembaca yang berminat toolkit penyedot cartridge dan cairan cleaner pembersih head, silahkan klik DISINI

225 comments:

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 225   Lebih baru›   Terbaru»

Wah wah wah gitu yah ...
cartridge sengaja dibuat sengaja rusak apabila tintanya udah habis ..
#pantasan cartridge saya setelah tintanya habis hasil cetakannya seperti belang belang ..

kalau gitu apa yah penyebabnya

klo itu ada udara terperangkap d katrid stelah direfil, solusinya lihat di penyumbatan sedang.

oh gmn yah cara benerin catrid di cannon ip 1900
buat print warna tidak bisa yang bagus cuma warna itam aja solusiny a gmn

@hendri
caranya ya d artikel ini. duh... ada2 aja lu bro

yang warna hitam tidak keluar mas bro. . . padahal sudah saya rendam pakai air hangat. bagaimana tuh mas???

@puji
jangan pake air hangat bro. cek dulu kerusakannya ap? artikel semua ada d sini.. baca pelan2 bro.. cek jg disini
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

bagaimana cara memperbaiki catridge waktu mencetak bergaris-garis ???

@fahmi
untk hasil cetak bergaris termasuk pada kerusakan head, solusinya jg pada artikel ini. atau biar lbh jelas lihat artikel berikut jg
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

gimana catridge saya yang colour keluar semua tapi waktu ngeprint gak keluar
solusinya gan ????

@carly
itu chip yg rusak gan. solusi ya d posting berikut,
untk lbh jelas bisa baca jg di
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

duhhh ... pada gak baca artikel pelan2 ni kayaknya...

punya saya canon ip2770 kok tinta kuning enggak keluar yaa padahal kalo katridnya ditempelin ke tisu tintanya semua keluar baik
mohon pencerahanya
@juan

@juan
ada 2 kemungkinan. head sudah bocor rusak, tidak bisa d perbaiki. head rusak bocor, biasanya catrid bekerja melebihi dari kemampuannya/dipaksa mencetak terlalu banyak tanpa istirahat.
atau
chip yg rusak/ kotor. solusi lihat d posting.

dalam memanasi catridge menggunakan solder jangan terlalu panas kira kira 60 sampai 70 derajat. atau bisa menggunakan bga bisa di kontrol suhu panasnya

@iody
thank bro tambahannya. dan lakukan cara menggunakan solder ini, untuk solusi paling terakhir.

gan saya pake canon ip1880 asalnya pake catridge PG-830/CL-831 tapi yg warna tuh rusak. kira2 bisa ga yg CL-831 diganti sama CL-41

@ownwr
bisa. sudah pernah sy posting
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/jenis-jenis-cartridge-canon.html

wahhhh kalo gitu mah saya warne itemnya boss, pas di tempelin baguas juga pas di cek nozzle bagus eh ko waktu di prin blang - blang yaaahhhhhhhhhhhh
mohoin solusinya gan!!

saya pke canon ip2770 (baru) pas isi tinta hitamnya mlh g kluar sama sekali. n d komputerx muncul warning tinta hitamnya habis padahal dah diisi full. Gmn cara mengatasinya ?

@devni
emmm kayaknya jawabannya diposting yg sy tulis ini deh gan... coba dibaca satu per satu, d resapi pelan2.
dan untuk level tinta yg sudah habis, memang seperti itu sudah d rancang dari pabrik canonnya, karena catrid sebenarnya d hanya dipakai utk sekali pakai. jawaban inipun sebenarnya sudah ada d posting.
bukannya sy tidak mau menjawab satu per satu pertanyaan, coz sepertinya banyak pertanyaan yg sebenarnya jawabannya sudah ada d posting itu sendiri.

mas,, printer sy hp D2466,, ud sminggu wrna hitam yg kluar dr printer kluar brgris2 trus,trus awalny bgus tp blakang2nya seret n bergris2 bhkn g kliatan.Ud tak isi ulang. ud tk cb cek ssuai di artikel di postingn mas, kmungkinan head nya yg buntu. tak kasi tissue itu kluar, tp cm dkit,, trs tk cb jg tk msukin air anget bgian blakangnya biar sp tw kluar lncar sprti smula,, ttp ttep engg bisa gmn ya mas? masi brgaris2 trus, sblom tk bw ke servican mgkn cra sndri bs mmbntu,, terimksih,,

@rina
kayaknya d postingn kok gak ada cara d masukin anget ya ...??? maaf ini dari saya, ini tips dari saya klo catrid bntu jangan dimasuukakan k air hangat, dari pengalaman saya malah parah, merusak head. coba deh... apa juga sudah menggunakan toolkit? dengan cleaner?
atau memang jangan2 head ctridnya memang sudah rusak karena panas untuk ngeprint terlalu banyak.

mas printerku canon ip2770 baru beli... tadi baru isi ulang catridenya pake suntikan,.. warna hitam.. n sedikit meluber tpudah ane bersihkan pake kain yang bersih,.. tapi waktu dipasang.. ehh lampu kuningnya nyala kedip2 terus... n ada pemberitahuan di pc kalo ink (black) has run out.. please change your catride...
nah itu masalahnya apa ya mas.. mohon pencerahanya...
ga bsa ngeprint ni...

@zuki
pakai cara ini
http://klikbebas.blogspot.com/2012/09/cara-memperbaiki-printer-canon-ip2770_5.html

kalau hasil print ternyata terdapat garis-garis dan putus-putus sebabnya apa gan padahal sudah ane deep dan sudah ane rendm pake air panas...apakah itu karena chipnya rusak...?

@lingga
jangan d rendam pake air panas... dari pengalaman kerusakan makin lbih parah, kayaknya d artikel kok tidak ada cara itu mas...

coba baca artikel palan2 pahami... semoga menemukan solusi atas kegalauan anda....

terus bagaimana jika salah satu tinta warna tidak keluar, apakah itu berarti tersumbat ? kalau memang tersumbat apakah dengan toolkit bisa diatasi ? terus kira-kira apa aja seh sebabnya kok bisa tersumbat....?
hehehe maaf yee... terlalu banyak tanya...
makasih sebelumnya....

Mas minta tlg dikasi solusi. Printer sy canon mp145 punya masalah di eeror22 yg artinya sy search di google bermasalah dg carriage catride atau rumah katrid. Sdh pnh dicoba dg catrid hitam baru tp msh ttp tdk mau jalan. Ada yg blg itu mesinnya rusak. Apakah msh bs diperbaiki mas? Atau memang sdh rusam total? Tks..

tinta warna canon ip 2770 tidak mau keluar dalam hasil cetakan padahal ketika di print head/nozzle cek warna tersebut keluar.

@husni
klo test print semua warna normal.. waktu cetakpun juga normal. gak ada bedanya

@alvino
iyalah bro masak nonton doank, biar puas kan sekalian praktek. mo beli tutorial harga berapapun klo gak d praktekin ya percuma, buang2 uang.

mas, tolong infonya.
Sy punya printer canon IP 2770hitamnya bergaris-garis parah. warna yang keluar hanya biru saja mulus. Warna lain tidak mau keluar. Berkali-kali di cleaning hasilnya sama saja. Apakah saya harus mengganti dengan katrid baru?
(printer saya infusan. Sebelumnya dipake habis-habisan buat skripsi)
Printer saya kan infusan,jika kemudian saya belikan katrid baru, apakah bisa dijadikan printer tanpa infus lagi seperti semula?
Trims infonya. Mohon bantuannya.

@rina
head catrid kemungkinan besar sudah rusak/jebol pasti harus d ganti catrid yg baru,--->> akibat dipake buat skripsi habis2an, head catrid 2770 tidak tahan untuk mencetak dalam jumlah banyak scara langsung.
masalah printer dijadikan tanpa infus sudah pasti bisa. lepas saja selang infusnya otomatis jadi printer tanpa infus.
mungkin bisa membantu baca artikel berikut:
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-agar-cartridge-canon-awet.html

mas,
tolong dibantu carikan solusi printer yang bermslh ini.
printer saya Canon MP250, waktu mau isi tinta warnanya saya diajari teman yg udah biasa isi catrid di kantor gmn kalo mau isi cantrid warna harus dibalik warnanya. Pd lobang merah isi biru, pd lobang biru isi merah.
Alhasil pd wkt diprint jadi biru semua.
Catrid nya udah sy rendah air hangat, msh print biru semua. Bgmn solusinya ya...?? biar printer warna sy benar lagi seperti semula (yg black tidak masalah)
Trims

@misna
jangan rendam pake air panas...catrid malah tambah rusaxxx

solusi isi warna yng bermasalah dengan warna yg semestinya sampai penuh, kemudian sedot menggunakan toolkit penyedot sampai habis. ulangi langkah trsebut biasanya 2-3x biasanya warna sdah kembali normal.

trim bos atas solusinya catridku dah bisa digunakan kembali.....

tentang mensolder tembaga di catrid yg km bilang 50:50. Tolong tuliskan Rumus matematikanya hingga diperoleh angka 50:50
jangan2 malah 99:1
99 ancur
1 berhasil

@spotbio
mohon klo koment pake etika ya brow

tolong artikelnya d baca pelan2 jangan d telan bgt saja. ini berdasar pengalaman saya. dan tentang catrid pake tembaga itu alternatif terakhir, makanya sy taruh yg paling bawah.
jangan sampe asal solder, artinya masalahknya padahal head buntu, tapi langsung yg d solder chipnya, bukan itu maksud saya.

tolong brow ya d sini tempat sharing, bukan asal koment.

gan,saya pernah melihat printer canon catridge warnanya tidak di pasang,jd hanya menggunakan catridge hitam,bagaimana cara membuat printer seperti itu gan?,trims

Gan warna biru ga kluar. Head nya Udah di rendem head cleaner. Tapi ttp ga mw kluar tu warna birunya . . . Ada solusinya

@sugeng
mungkin artikel berikut bisa membantu
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

@catatan
wah keren tu gan... mungkin pembaca yg lain bisa sharing ilmunya?

Udah cek pake tisu hasilnya warna biru bagian tengah g keluar . . udah coba di clean + deep clean ttp g mw kluar . . Trus rendem pake head cleaner ttp ngeyel g mau keluar. . . . Ada solusinya

@sugeng
klo saya sedot pake tolkit + rendam pake clener. dr pengalaman ada cleaner yg d rendam 2 hr baru kluar, ada yg gak sampe 1 jam sudah kluar, jd tergantung jg kwalitas cleanernya. jenis tinta yg d gunakan jg brpengaruh, ada tinta klo sudah kering, d rendam pake clener sebagus apapun sudah tdk bisa kluar.

Kalo misal catridge nya di suntik head cleaner gt. Boleh g

@SUGENG
bisa d suntikkan k cartridge. tintanya d kuras dulu sampai habis

Masih buntu gan. Hasil printnya jdi garis2 ada saran gan. . .

@sugeng
cleanernya pake apa tow?

Tinta skypr!nt. . . .untuk head cleaner yg bagus apa

@sugeng
sms aja mas no hp sy ada d sini
http://klikbebas-store.blogspot.com/

gan,cartridge sya canon pg830, blinking 14x ,bwt ngeprint cartridge not regonized,, tpi kalu pas direset trus coba bwt test patern itu hasilnya masih bagus,, sudh direndem,ama dipanasi pke solder chipnya,,tapi tk kunjung bisa,, mohon pencerahanya ya gan>.thankyou sebelumnya..

@anonim
blinking 14x/15x kemungkinan besar biasanya kerusakan pada chip cartridge. dr urut2 solusinya kok sepertinya kurang pas tow gan.
pertama:
klo rusak d bagian chip gak usah d rendam gan
kedua:
solusi mensolder chip lakukan alternatif paling akhir, klo memang semua cara sudah tdk bisa. sebelumnya bersihkan chipnya dulu, awalnya pake tisu, klo g bisa gunakan alkohol, klo g bisa gunakan contact cleaner, klo g bisa gunakan cutter hati"tipis sj. jadi bagi semua jangan langsung menggunakan solder. mohon baca pelan", jgan d telan bgt aja.

jika salah satu tinta warna tidak keluar, apakah itu berarti tersumbat ? kalau memang tersumbat apakah dengan toolkit bisa diatasi ? terus kira-kira apa aja seh sebabnya kok bisa tersumbat....?tp saat sy test pake tisu kluar semua........

@naufal
baca d sini
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

mas. sy baru saja dapat printer canon ip2770. baru beberapa kali suntikan tapi kok udah tidak bisa dipaki cardridenya. jika dipakai buat cetak yang keluar hanya tulisan garis2 tidak jelas. pada pengaturan saya klik pada kualitas print yang high keluarnya hanya warna yang tipis . gimana ya solusinya? mohon jawabanya ya.....

@juned
maaf masih sama dng pertanyaan yg lain. jawaban ada d artikel atas ato artikel lain d klikbebas

Gan, saya punya keluhan ne dengan cartridge color canon.
waktu saya lap dengan tisuh bagian bawah cartrigenya keluar warnanya bagus, merah, kuning, biru. lantas ketika saya ngeperint kok warna kuningnya tidak bisa keluar, padahal ud saya isi tintanya dan saya cleaning berulang-ulang. tapi tidak bisa...
mohon saran nya gan. makasih ^_^

mas admin mantap, selalu memperhatikan tiap pertanyaan. thx info2 nya, saluud buat admin

gan mou nanyak nih printer saya canon mp 258 kalau di permukaan tisu warna keluar semua/ bagus tapi kalau buat ngeprin warnanya merah tdk bisa keluar. kira2 apa yg rusak & cara betulinya gimana ya? tolooong jelasin gan..

ak ada masalah dengan printer Canon iP1980
printernya uda 2Th ggak digunain, catridge black sama colour@ uda gk fungsi lgi..
uda ak coba maintenance lwat software printer juga gk ada hasil. ak juga uda coba refill tinta kdalamnya tp gambarnya gk bagus

apa tabung catridge + inpus + selang musti diganti?

saran@ dikirim k email ini aja ya..
(friza.fahmi@gmail.com)
Thanks alot mass broo..

@elfahmi
jawaban sudah ada d posting" klikbebas. maaf. jika tetep gak berhasil beli kan lagi cartrid

@kiyu
maaf jawaban dari pertanyaan sudah ada d posting. klo kurang jelas silahkan tanya lebih detail. coba aja dulu.

mas aku punya printer canon mp145. waktu ngeprint warna kok ada garis-garis hitamnya, garisnya seperti berpola. kurang lebih setiap 0,5cm ada garis hitamnya di dalam warnanya. padahal cartridgenya baru saya ganti.
mohon jawabannya..
trimakasih

om mau tanya nih,,
printer cannon ip 1880 blink terus orange 7 kali hijau 1 kali itu kan katanya bisa rusak catrigdenya ya??gmana cara ngebenerinnya om??saya gak tau

gan, saya pakai canon ip2770, saya bru 1x isi ulang tinta hitam, tp catrig nya malah ngeluarin tinta truz, kira kira kenapa y gan?

@heri
sori gan . bisa jadi cartrid bocor. ato bisa kasih cara refilnya bgmn? sudah benarkah? sulit memberi jawaban jika penyebabnya kurang jelas. coz selama sy merefill belum ada masalah

maaf mas,sprinter saya canon mp287 infus...buat print yg hitam e putus2 trs cartridge e tak cek pakek tisu juga g keluar padahal cartridge e br 3 mingguan n saya pakeknya juga brkala kok,minggu kmrn juga kasusnya kyk gini trs tak service di acaciana jalan janti yogyakarta cuma ditusuk gunting gt sebelah kanan tapi sebelah mananya g tau...trs bs lg lancar kyk biasanya...skrg ngadat lg mas...mau dbawa k janti tu jauh soalnya,mohon pencerahannya...makasih...

@virgie
bisa lebih detail ? yg d tusuk apanya? cartrid? ato printer? klo printer yg bagian mananya?

bagian printerna tp aq tanya ma sodaraqu trnyata fungsi ditusuknya tu buat anktifin powernya kalo pas dibuka tutupnya trs mau ngeprint hehe...
skrg malah dikabel tintanya ada rongga udara na mas panjang,gmn ya caranya ngilangin rongga udaranya?? makasih ...

@virgie
dah faham maksudnya. cuman cara menghilangkan rongga udara ada beberapa cara puanjang jg klo mo d jelasin... intinya cek bagian ama yg menyebabkan ada udara masuk, d knee, nepple, catrid, selang, tabung, dll. mesti d cek satu"

waduh,panjang jg ya hem...mas kalo tinta infusnya tak keatasin lebih dr printer e tu ntar pengaruh g mas buat cartridge ??
coz rongga tu cartridge kosong trs tinta tak naikin byar ngalir hehe...cara bodoh tp apuh mas hehe...

@virgie
waduhh jgan d atasin.. wahh
baca ini
http://klikbebas.blogspot.com/2012/11/gak-sembarangan-cara-memasang-merawat.html

Arzil...mau tanya, printer sy Canon Pixma MP258, setelah tintanya diisi ulang,kok hasil cetakannya berwarna biru tidak sesuai dengan gambar yang berwarna. ada yg mengatakan tintanya luber sehingga bercampur dgn tinta yang lain...bgmn caranya supaya normal hasil cetakannya? t.kasih

@anon
coba cek pake tisu dan test print ada warna yg g kluar kah? klo warna tercampur karena luber itu hanya kemungkinan kecil. kecuali klo salah refill

Kemarin tgl 10 Jan 2013, saya ajukan pertanyaan dan tlh dijawab tgl 10 jan 15:58 Tks. Infonya. 1.Selanjutnya Kata Ilmu Komputer....coba "Cek
pake Tisu" sdh sy lakukan dan hasilnya Warna
keluar (Biru-Merah-Kuning).
2.Kemudian sy coba nge-print foto yg berwarna
hasil cetakan "BIRU"
3.Mohon dibantu..bgmana Solusinya.
4.Apa itu toolkit penyedot dan cleaner? Brp
harganya

@anon
klo memang d tisu keluar sempurna.. tapi buat print tidak keluar bisa kerusakan d chip atau jg d head.
sebenarnya sebagian besar dari pertanyaan sudah ada jawabannya d posting sy yg lain. maaf bisa menuju k posting yg lain
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

Bagaimana cara mengatasi hasil cetak kembar.

@ Ifad
Mas aku msih blum paham artikel di atas ....msalahnya printer saya MX 366 dgn tinta infus cuma tinta hitamnya kyaknya macet dah dicleaning yang biasa smpe yang deep cleaning tinta hitamnya keluar cuma ngga smpurna tpi pke tissu tinta keluar semprna itu catridgenya yg rusak, atau headnya yang error...pdahal selangnya ngga macet tuh....mhon...petunjuknya Master....gracias...

@ifad
semua sudah jelas d posting saya. bisa rusak chip ato hanya kotor.. bisa head dah rusak.
lihat : http://klikbebas.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-cartridge-yang-rusak-ii.html

aku baru pake canon ip2770, kemaren baru pertama kali isi ulang tinta hitam, tp waktu ngisi ulang catrig nya malah ngeluarin tinta truz(bocor),padahal baru disuntikin dikit, kira kira kerusakannya parah g? bisa tlong kasih aku solusi??

@icha
maaf susah memberi jawaban jiga tdak tau detailnya. seingat sy klo hanya refill belum pernah sampai tinta bocor.

sebelumnya kakak aku ngprint banyak, ngprintnyaa per10 lembar, tp jedanya g sampai 1 menit, apa mungkin karena itu?

@icha
bisa juga. coz catrid printer 2770 mudah bergaris.. terutama setelah mencetak banyak

bang kan saya mengisi titnta catrid trus suntikan nya nembus smpeh k dlm

kra*rusak gak bang tlong d bls bang

@anon
d coba aja, la rusak gak tu bang?

toolkit penyedot dan cleaner berapa harganya mas? atau email ke alie6680@yahoo.com yah

saya kira chip cathridge tidak bisa diperbaiki

aku mau nanya nih, kalau hasil cetakan pertama printer bagus, tapi untuk selanjutnya malah putus-putus,, gmana masalahnya nih? aku cek pakai tisu catridgenya, tintanya g lancar,, solusinya gmana ya?? makasih

mas boss numpang nanya,,,
printer q type canon p800 di buat ngeprint itu g bisa,, terus lampunya itu nya nyala secara bergantian,, di head cleaning jg g bisa, harus di apakan ini,,, terima kasih mas boss,,,

saya pakai printer canon 1980, warna kuning tidak keluar, ganti catridge tetap sama saja.
konektor yg ke catridge juga sudah di bersihkan.
mohon solusinya, makasih.

permisi , pagi mas

saya mau tanya nih , tentang catridge warna saya , yang warna kuning ga keluar , di ocba pake tisu keluar semua ,

printer canon 1p2770 infus
mohon petunjuknya

Gan, aku mau nanya nih.. aku pake Printer Canon Pixma 237 baru beli 3 minggu yanglalu, Tinta catridgenya dah habis ke pake ngeprint tugas2 kakaku. Nah aku isi ulang dengan menyuntiknya. Tapi indikator baik di mesin print dan di komputer menunjukkan kalau tintanya mulai habis dan ada tanda seru gt di gbr Catridgenya. Tapi aku abaikan karna masih bisa print. trus lama-lama muncul lebih parah lagi, katanya tintanya Sudah kosong jadi harus beli catridge baru kalau tidak tekan tombol Stop/Reset selama 5 detik untuk mengabaikan pesan tadi. Trus aku lakukan seperti perintah yg dishortcut itu. Tetap masih bisa nge print tapi lampu tinta hitam blip2 trus walau bisa ngeprint.
Yang saya tanyakan ada gak pengaruhnya kedepan kalau terus dipake gitu catridgenya walau saya tebak-tebak tintanya udah abis baru saya suntik lagi. Mohon pencerahannya ya Gan. thanks sebelumnya.

@uky abdi
biasanya ada yg nyangkut, klo d infus bisa selangnya,
bisa sensor, bisa mekanik. wahh panjang d jelasin mas...

@anonim dan gigih
maaf mohon baca artikel berikut
http://klikbebas.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-cartridge-yang-rusak-ii.html

gimana mas bro catrid ku buat ngeprint kok gak bisa yang warna
gimana ya bisa di perbaiki atau kitanya beli

@angger

maaf mohon baca artikel berikut
http://klikbebas.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-cartridge-yang-rusak-ii.html

mas saya make HP deskjet 1050..
br aj saya ngetprit hitam yg keluar belang2 gtu, saya kira tintanya habis
setelah isi ulang, saya coba lg normal cm bt 1 halaman aj mas..
sisanya malah g keluar tinta sama sx ( krtas tetep putih )
kira2 ap masalahnya mas???
trus lampu indikator ink level bt tinta hitam biasanya nyala, krng g nyala sama sx mas
mohon pencerahannya mas

bos kalau tinta ga di pakai tapi tetap habis, gimana solusinya bos....???

Bisa sja pin 2 ctrge kotor,di bershkn pake penghapus, y dhpus2 gtu dch.. Kalau bocor sdh tdk bsa dignakn lg, kalau trsumbt bgian dlm di suntik dngn alcohol 99% dan di celup2kan bagian hednya, ma af g sofi4an

mas, kalo catridge infus dengan catridge suntik kualitas bagus mana ya mas? soalnya printer saya canonip2770 rusak catridge nya. mau ane ganti. catridge ane kalo pake yang high baru bagus warnanya, kalo ga pake yang high warna kuning udah parah banget. mohon pencerahannya ya mas, makasih mas

@arifin

@arifin
maaf jawaban sudah ada d komentar" sebelumnya

saya punya printer ip1300, sebelumnya bermsalah karena cartridge warna not competibel atau unrecognized cartridge, tapi saya beli cartrigde warna baru. setelah membeli printer bisa ngeprint tapi tinta warna tidak keluar, sudah saya check head cartridge. hasil keluar dgn sempurna di tisu. apakah chip cartrigde nya yang rusak, tpi ini cartridge baru? mohon solusinya?

terima kasih

kemungkinan rumah cartrid yg rusak kotor dll, ato kabel flexi yg putih rusak

print canon pixma mp237 kalau buat ngeprint di balik kertas ada satu garis hitam itu kenapa ya ?
trus catrite warna hitam kalau buat ngeprint tulisanya miring atas bawah dan gak jelas ?
mohon bantuanya

mau tanya lagi mengenai rumah cartigde atau cartrigde unit itu letak nya dimana? kemudian bagaimana cara melepaskannya?

terima kasih atas jwabannya

@anon
baca disini
http://klikbebas.blogspot.com/2012/09/cara-service-cartridge-printer-inkjet.html

CATRIDE CANON KAYAKNYA EMANG DIBIKIN GAMPANG RUSAK UNTUK TIPE CANON TERBARU BEDA WAKTU JAMAN CATRIDE YANG AGAK BESAR ( LUPA TIPE CATRIDENYA) MANTAB.PRINTER MP 258 SAMPAI YANGTERBARU CATRIDE KL UDAH GARIS GARIS GA BS DI BENERIN . YA HARUS BELI

@adhiba
memang dr banyak pengguna catrid 810 811 sering mudah rusak. terutama jika digunakan banyak mencetak sampai puluhan lembar tanpa istirahat. jelass mudah rusax

thanks infonya silahkan kunjungi

http://motogp.unsri.ac.id/

deteksi catrik terus menerus boss,,,padahal udah di isi tinta,,selalu tinta habis info ny,
ap maksud dr masal nya boss?

deteksi catrit terus menerus,padahal udah di isi tinta
bagai mana penyelesaian nya boss?

@dian
pertanyaan nnya bisa lebih jelas..

bro, aq pnya prinan canon ip 2770. ssudah aq isi tinta hitam kok gk bisa nyetak lgi ya.. 1 hurufpun gk timbul. udh d cleaning beberapa kali tpi ttep aja gk bisa.. gmna ni bro??

terima kasih atas info nya,,
akan lebih baik kunjungi situs ini http://www.unsri.ac.id

@tije
baca d sini

http://klikbebas.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-cartridge-yang-rusak-ii.html

gan printer ane udah lama kagga bisa keluar tinta hitam nya
udah ane cleaning gan tapi tetep kagga bisa gan
di selang nya nyendet nyendet tintanya gan

tolong kasih saran ke ane gan

Mas bro, posisi saya di Bandung, ingin memiliki tiga macam penyedot diatas, kira-kira berapa besar biaya ditambah ongkos kirim, dan bagaimana cara konfirmasinya

@anonim
bisa cara nya d sini http://klikbebas-store.blogspot.com/

makasih solusinya... tpi catridge warna saya bisa ngeluarin tinta, cuma hasil setelaah di print kosong

mas m0h0n bantua,print saya mp287,tinta warnanya sudah isi tinta dgn baik,d tes pke tisu ke 3 warna keluar cmua,tpi pas ngeprint hasilnx biru cmua,wajah jdi biru,latar,pkokx biru cmua,

trima kasi atas info nya bree skrng printer saya da bisa ngeprin lagi

@randa
sama" broo ikut senang bisa membantu

gan ane mau nanya nh...
printer HP w7000 ukuran A3, pada chip head cartridge nya ada yang cacat. tolong solusinya gan?
karna chip itu warna merah & biru gak keluar gan.
thanks be4 gan

@petrus
klo chip kebanyakan ganti aja gan

mantap dah.. tipsnya tapi yang punya ane rusak mesinnya gimana uya

IP 2770 Klo Nozzle check warna biru tercetak panjang dan menimpa semua warna lain, Ada solusi bos (lam kenal)

Gan mau nanya nih saya baru beli printer canon MP 237, saya isi tinta dengan normal pas saya coba check nozzle normal aja, tapi headnya bocor, gimana ya mas solusinya ???

@anon
printernya d infus? klo d infus bisa lihat" artikel yg lain cari aj

gan kalau pesen toolkit itu harganya apa sudah ongkir

kalau tempat penampungan tinta penuh gimana solusinya ya bg?

@tiwymi
bersihkan tinta yg d spon pembuangan.

kalo catridgenya di coba pake tisu bagus semua warnanya,tapi peekek print malah merahnya gg mau,penyebabnya apa ea???

Bro, Printer saya ip2770, tinta infus. Warna hitam keluar belang. Yang warna merah gak keluar. Dicek pakai tisu, untuk yang hitam keluarnya banyak. Sedangkan untuk yang warna, hanya keluar biru n kuning. Solusinya apa ya? Thx. :)

langsung di coba dulu sob, BTW makasih atas ilmunya..

bro catridge yang warna keluar tp saat ngeprint tidak mau keluar tintanya...mohon untuk solusinya...terima kasih

@aji
maaf mash sama dengan pertanyaan dan jawaban yg lain. mohon baca juga artikel yg lain

mau tanya mas... ni print gue iP 2770, kalau buat ngeprin warna warni itu kenapa ya warna hitamnya koq gak bisa kluar/ gak bisa kliatan. padahal udah saya isi penuh semua, tp kl buat warna hitam saja hasilnya bergaris garis... mohon bantuanya...

@legent
maaf mohon lihat komentar sebelumnya. pertanyaan dan jawaban masih sama dr yg sebelumnya

om, punyaku malah masuk angin. tapi aku ga punya toolkit. kira2 ada solusi laen ga selain pake toolkit. dikerokin gitu misalnya..ehehe....serius nie om. makasi solusinya om

ini cerita print yang rusak jawabannya sama pasti... kalau boleh tau kelemahan dan ke unggulan printer canon ma epson n hp apa bos... mau beli soalnya neh..

@ruhan
untuk canon kelebihan d kecepatan mencetak
untuk epson kelebihan d hasil cetak

tnya donk,,
klu printer sudah d buat infus bisa kembali lagi jadi biasa ngga (ngga pake infus)? perlu ganti cartridge baru ngga?

itu waktu d infus ngrusak cartridgeNya?

tinggal lepas infusnya. catrid tetep sama

mas tlg infonya printer sy canon ip2770 infus, stelah di refiil warna hitam kok ndak keluar, tes tisu keluar dengsan sempurna knpa mas ya

Cukup lengkap bos, makasih pencerahannya.

bisa lihat dulu artikel berikut
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

atau

coba solusi yg lainnya d artikel berikut. yg jelas pastikan dulu kira" penyebabnya baru solusinya

gan catridge warna hitam sudah saya tes pake tisu tinta keluar sempurna tp klw untuk nyetak hasil bergaris, di printer juga ga keluar pesan error. gmn solusinya

ass..warna hitam yang gak ke detec. di nozzle..tiap mau print saya pakai bussnies document,,gak enak banget lelet...kalo pakai yang standar gak bisa ke deteck ...tolong pencerahannya mas ..

Mas printer ku canon IP 1880 infusan. Setelah saya reset tinta warnanya buat cetak garis-garis. Sudah di head cleaning dan deep cleaning tetep begitu. kata yang ngreset katanya tintanya penuh. Lha posisi printer saya letakkan lebih tinggi sedikit dari reservoir tinta. 2 hari kemudian bisa ngeprint dng sempurna. Lha pas sabtu dan minggu istirahat total tidak ngeprint. Hasil cetak colour garis2 lagi. Kemudian saya posisikan printer lebih tinggi sedikit dari reservoir tinta. Setelah 3 hari buat ngeprint tetep begitu juga. bagaimana solusinya. Tolong kirim ke e-mail:ronymuktiwibowo@yahoo.com

Bro, aku mau nyuci head print epson T20E karna tintanya gak keluar karena jarang dipake, tapi cara melepas pendeteksi kartrid epson gimana ya? Apa ada alternatif lain nyuci head tanpa melepas head?
Ditunggu jawabannya yak.
Terima Kasih ya bro :)

@jodie
pake suntikan dng cleaner yg d sambung dengan selang

catridge warna nya rusak mas, bocor catridge nya,
koq bisa gtu yah,
cara memperbaikinya gmna yah??

kalo tinta hitamnya ga keluar gimana tuh mas bro?
soalnya udah seatun lebih printernya ga dipake

mas bro sya punya keluhan, printer sy canon E610 sehabis isi ulang catridnya yg black tuh d'pcnya kluar tulisan catrid blom d'psang. tpi klau mslah itu saya udah bca artikelnya mas bro.tpi klau ada sy hrap ada solusi yg lbih dtail buat sy.
yg sy pengen tanya tinta yg original dan terbaik menurut mas bro tuch yg merk apa, sya juga takutnya slah penggunaan tinta.
terima kasih mas bro, sy tunggu solusi dan info.

benernya klo cermat membaca sudah ada jawaban d artikel. gak pa2 lah sy jawab garis besarnya.
ko tidak detect coba cek chip catrid kotor, ato waktu mengisi tinta luber sehingga kena chip itu bisa merusak / catrid konslet.

klo masalah tinta yg ori itu khususnya canon ya harus beli catrid baru. habis tinta ya beli catrid baru lagi. klo canon mengeluarkan tinta ori, catridnya gak laku dunk.

Salam mas Bro...
Saya baru ganti catrid baru cl-831 utk canon mp145, tapi napa saat saya chek nozle hasil warna biru, merah dan kuning putus-putus warnanya.
Padahal sudah saya cleaning.. deep cleaning.. masih tetep juga putus2 warnanya.
mohon pencerahanya mas bro?

ada 4 kemungkinan
- chip catrid kotor
- chip rumah catrid kotor
- timing disk kotor
- pita encoder kotor

yg lain mungkin mo nambahin?

mohon solisanya sob,printer gw canon ip2770,waktu mau print eh tinta warna merah gk bisa kluar, dah ak bersihkan tap tidak kluar, tpi kalau head catridnya dibersihkan menggunakan tisu warna itu ad smua, merah, kuning, biru membekas di tisu..
cip rusak ap bisa menyebabkan salah satu tinta warna tidak keluar sob??mohon jawabanya...makasih

@bagusadi
lihat d http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

Kalo printer jenis infus yg rusak gmn tuch???
Mslhnya printer Canon infus saya gak jalan tinta dr tabung ke Catridgenya.

@firman
infusnya masuk angin tu... cek satu"

aslm..... gan gmana ya klo mencetak di canon pixma mp 287 kalo di high keluar semua tintanya tpi ko di standar ga kluar cman ada gurat gurat... tlong solusinya gan

gan numpang nanya..
printer ane seri canon ip2770
kalo buat ngeprint setingan normal tinta warna ok cuma tinta item yg ga keluar, tp di lap pke tisu normal..
udah ane cleaning juga ga ad bedanya..
jd ane ganti setingan ke kualitas fto.. semuanya jalan, cuma kenapa yah kalo buat nyetak sebelum tulisan atau gambar catrige warna'y jd ngeluarin garis kebawah sejajar kuning, merah, biru.seperti system keluarnya catrige tidak mengenai gambar / tulisan dan hasil'y cetakanya juga masih bagus..
tp hasilkan tetep aja ga bisa di pke karna adanya garis itu..
bisa minta pencerahan'y ga buat masalah ane itu ..
TQ sebelumnya

@kamhe & anonim
catrid waktunya ganti. memang mahal

Aku punya masalah ni gan., Mp258ku error E15 terus., sudah buka pasang cartridge berulang kali masih saja, kartridge semua baru...sudah tekan tombol reset lama juga masih belum bisa, minta solusinya gan... Thanks..

@lintang
pastikan catridnya benar" masih normal, klo perlu coba d printer lain. klo catrid normal, coba cek rumah catrid, kabel flexi, bisa sampe board

aku punya printer canon i2p2770,,, waktu pertama kali refill di suntik sampai beluber. waktu di pasang cartridge tetep dalam keadaan hampir habi pas di buka di bawah catrid nya tu bocor meluber di samping kuningan head cartridge,,, gmna solusinya ?

ninit mau tanya...
aku punya printerr canon mp258, catrid warnanya buat nyetak kurang sempurna, ada garis2nya.pas tak clening n deep g ada perubahan. n pas cetak nozzle warna biru dan merahnya keluar tapi cuman setengah.
trus warna itemnya tu kyak ada bayanganya. jadii klo nyetak artikel tulisan yang tebal, tulisanya dobel n ada bayanganya.kadang disampingnya kadang numpuk.
tolong gan solusinya...
thkz....
oh ya artikelnya sangat bagus...

@anonim
banyak penyebab. bisa juga karena selang infus terganggu pergerakannya

saya jg sama dengan ninit di atas mas,tapi saya yg keluar jadinya gambar berwarna merah saja,jadi bukannya hitam putih,malah merah putih.
kira2,bagaimana ya mas solusinya ?
saya pakai infus.

Sangat bermanfaat, makasih bantuannya sob...

Catridge rusak kok diperbaiki mana bisa bro ?
Klo emang bisa nich gue punya seabrek, ga ada orang beli catridge dooong ....!

printer HP sya nggk bsa baca catridge warna, pdahl saya sdah gnti dngan yg baru. saya coba pasang ke printer teman dngan jenis yg sama, catridge sya bsa terbaca di printerx. nasalah apa mas?? tolong solusinya

@dedy
rumah catrid kotor. ato memng sudah rusak

@geblex coy
Ilmu dan pengalaman satu satu orang dengan lainnya berbeda2. Untuk itulah gunanya kita bertanya dan mencari ilmu dan pengalaman orang lain, yang mungkin bermanfaat dan belum kita punya. Jangan terlalu fanatik terhadap kepandaian diri sendiri.
Cartridge seabrek justru bisa untuk ajang percobaan.

@Ilmu Komputer
Ada yang pake teknik esktrem, yaitu dengan menyalakan korek api pada bagian noozle dengan cara maju mundur selama 3-5 detik. Hal itu untuk melelehkan gumpalan tinta. Lalu dibersihkan pake tisu dan air untuk melarutkan gumpalan. Bisa gak, ya? Mungkin perlu eksperimen buat yang punya cartridge banyak

@kunagoes
sy untuk mencairkan tinta yg menggumpal ato bahkan mengering menggunakan cleaner untuk cartridge. banyak merk bisa d coba utk pengalaman d bandingkan merk satu dng yg lain. klo d sini sy tidak menyebut merk, karena menurut sy tempat untuk berbagi. karena merk yg bagus banyak jg, cuman ya perlu hati" jg memilihnya

Gimana cara mengatasi catridge ketika mencetak hilang bagian atasnya tapi tidak tergores atau tinta buram tapi seperti terpotong cetakang

@usman
mungkin permasalahannya yg d maksud seperti pada artikel cara mengatasi hasil cetak putus putus

http://klikbebas.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-printer-canon-hasil.html

masalah yang memang banyak banget ditemui ini gan, head catridge yang tersumbat samapi kering.Kalo pakai cairan khusus cairan apa tu ya gan????
Kita perlubanget jawabannya biar kita-kita pecinta IT di wwww.komputermurahkediri.com makin tahu and paham
Salam kenal dari kami Forum NASIFACOM

saya punya printer canon ix4000 dgn ink tank canon PGBK5, kebetulan dari beli (2008)sampai awal th 2013 sy refill (isi ulang tinta) tdk ada masalah. sampai akhirnya bulan maret 2013 tinta hitam gak mau keluar. setelah saya beli catride (ink tank canon PGBK5) baru, tinta bisa keluar lagi. saat ini tinta habis kemudian sy refill tp terjadi bliking. kebetulan setelah sy reset manual blinking bisa hilang, tapi kenapa tinta hitam tetap tidak mau keluar ya...?

@anonim
kadang chip catrid rusak bisa menyebabkan tinta tdak keluar

artikel bermanfaat. head canon memang gampang sekali tersumbat. thank solusinya.

Bro yg di dalam catridge seperti busa tu tempat tinta ny di letakkan ada di beli gk di pasaran ??

kyak ny pnya q tu dh rusak , soal ny pas ngeprint warna tinta ny gk kluar ...

@ithink
selama ini tidak pernah membeli busa tempat tinta cartridge, jg tidak pernah menggantinya. klo ada warna yg tidak keluar bisa cek dulu penyebab kerusakan d
http://klikbebas.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-jenis-kerusakan.html

yang mana d bilang chip? apa namax yang bagian bwah yg ada garis2x 3?

@anonim
bagian chip catrid bukan pada bagian bawah.. mungkin yang d maksud garis" 3 itu head cartridge. untuk lebih mudah bagian chip cartridge bisa melihat di artrikel berikut

http://klikbebas.blogspot.com/2012/09/cara-service-cartridge-printer-inkjet.html

syalom...
bro, printer saya tipenya cannon ip 1900,,
masalahnya gini bro,, catridge saya kan tintanya habis,, waktu saya mau ngeluarin catridgenya kok tidak bisa klear ya..

tolong solusinya brooo....

gan ne kn bru beli mp237 3 hari yg lalu
nah tdi pgi waktu ngeprint kertas.a khbisan
trus tak isi lgi(masih normal)
tpi waktu mw ngprint dokumen yg laen tiba2 hasil.a ksong
tak coba lgi ternyta yg warna htam g kluar(klaupun kluar cmn garis hitam ptus2)
solusinya gmn dong gan?

aku mau tanya,printer aku fuji xerox m205b,serbuk toner udah abis,trus udah tak isi ulang tpi masih blum bsa buat nyetak,kteranganya replace the toner cartridge, mohon penjelasanya, mksh

hasil cetakan printer saya gak bisa lurus tapi berkelok-kelok itu kenapa ya? padahal sudah dibersihkan lewat deepclening. terakhir saya bersihkan head catridgenya dengan tissu

bagus Gan.. n buat yg tmn2 yg lain, baca dulu pelan2 lalu diamalkan baru bertanya.. kasihan yg nge-Post kl mnjwb semua pertaxaan yg dah ada jwbnx di postingan :)

numpang tanya gan
printer canon 258
kenapa ketika ngeprint warna merah dan kuning tidak mau keluar warnanya ya gan ?
padalah ketika head catridge gw tempelin pake tisu keluar warnanya baik itu biru, merah dan kuning

bro...saya orang awam...apakah ada hubungannya kerusakan cartridge dengan penarikan kertas...trms

@erwan
kerusakan catridge bisa juga disebabkan oleh kertas yg macet d tarik dari bawah. biasanya kertas bergesekan dengan head cartridge, sehingga head cartridge tergores rusak. jadi hati" saat kertas macet saat menarik kertas, jangan sampai bergesekan dengan head cartridge

assalamu'alaikum wrwb ..

gan mau tanya . .gak setiap aku ngeprint selalu hasilnya tidak sempurna...nah jika paragraf seperti ini jika di print maka akan keluar separuh dari tulisan terpotong separuh kalimatnya . .nah sudah itu terkadang tulisannya gak muncul sama sekali tingah2 kalimat atau akhir kalimat . .

gan terima kasih udah banyak memberi ilmu kepada kami orang2 awam . .mohon balasannya gan

assalamua'laikum ,saya baru 6 bulan beli printer canon mp230 ,awalnya si bagus lancar ngeprin dan fotocopi,tapi bulan ketiga ini baru muncul kendala tintanya kan uda habis saya isi ulang katridnya alhamdulillah lancar jg tpi seminggu kemudian tidak bisa fotocopy cuma bisa ngeprint aja ,,uda saya diemin aja karna masih bisa dipake untuk ngeprint nahh masalah terakhir uda satu bulanan lebih eh macet total katridnya gak mau jalan dan ada bacaan di laptop katanya eror ,,mohonn infonya

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 225   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.