Cara Agar Cartridge Canon Awet

Cara Agar Cartridge Canon Awet
Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki. Agar cartridge awet tidak cepat rusak, caranya hati-hati dalam pemakaian printer, perlu perawatan. Cartridge salah satu komponen printer yang sangat mudah rusak, jika tidak hati-hati dalam penggunaan. Cara ini dari pengalaman sebagai pengguna printer dan menjumpai beberapa kasus keluhan para pengguna printer, hanya sekedar sharing mungkin bisa berguna. Berikut cara berlaku untuk cartridge :
- Canon 810 CL 811, PG 40 CL 41, atau yang sejenis.
- HP 21 22, 802, 60, atau yang sejenis.


Yang perlu diperhatikan ada 2 bagian komponen dari Cartridge, yaitu : bagian head dan bagian chip

Agar head cartridge awet alias tidak cepat rusak :
- Jangan sembarangan memilih tinta, belum tentu tinta dengan merk terkenal bagus untuk head printer. Untuk memilih tinta, mungkin artikel berikut bisa membantu, klik Tinta Printer Idaman. Dari pengalaman, permasalahan head buntu atau hasil cetak bergaris, sering terjadi akibat pemilihan tinta yang salah.
- Gunakan printer minimal 2 hari sekali untuk mencetak semua warna, untuk mencegah head buntu akibat tinta yang mengering.
- Tutuplah printer dengan kain jika tidak digunakan, terutama printer yang diinfus, seringkali debu berkumpul disekitar lubang tabung infus. Cara ini dilakukan untuk mencegah debu masuk bercampur dengan tinta, yang akhirnya menyumbat nozzle head cartridge. Lakukan cara ini terutama pada area banyak debu.
- Saat mencetak gambar full color, gunakan setting best/high/photo.
- Setiap mencetak 25 lembar hitam-putih, istirahatkan printer selama kira-kira 1 menit, kemudian baru melanjutkan untuk mencetak. Agar head cartridge tidak overheat. Biasanya bagi yang sering mencetak dalam jumlah banyak (seperti kantor, sekolah, rental, atau diburu tugas) tidak sabar melakukan hal ini, ya... akhirnya resiko cartridge rusaklah yang sering dijumpai. Akhir-akhir ini sering terjadi pada printer canon seri terbaru iP2770 cartridge 810 sering rusak hasil cetak bergaris.
- Setiap mencetak 4 lembar gambar full color, istirahatkan printer selama kira-kira 1 menit, kemudian baru melanjutkan untuk mencetak. Agar head cartridge tidak overheat.
- Hati-hati saat memegang cartridge, jangan menyentuh logam nozzle head cartridge, jangan sampai terjatuh, tergores.

Agar chip cartridge awet alias tidak cepat rusak :
- Jangan menyentuh bagian tembaga chip cartridge.
- Jangan sampai bagian tembaga chip cartridge terkena air atau tinta, akan menyebabkan konsleting.
- Jangan sampai bagian tembaga chip cartridge kotor.
Untuk menghindari chip rusak sebaiknya printer diinfus, sehingga cartridge tidak sering-sering dilepas untuk direfill. Bukan infusnya yang membuat awet chip cartridge, tapi catridge tidak sering-sering dilepas dipegang sehingga terhindar dari kelalaian memegang tembaga chip, chip terkena tinta, atau chip kotor.

Untuk cara memperbaiki cartridge yang sudah terlanjur rusak, bisa berkunjung klik Memperbaiki Cartridge yang Rusak

21 komentar:

apa jika tembaga chip terpegang menyebabkan rusak? atau cuman kotor. saya sudah 2 kali tembaga chip terpegang terus saat dipasang kedetec cuman buat print gak keluar apa itu rusak

@samu
chip d pegang bisa rusak bisa jg kotor. klo kotor bisa jg cartrid kedetec tapi waktu print salah satu warna atau semua tidak keluar, padahal d tisu keluar sempurna. maka amannya ya tdk usah pegang chip

terima kasih banyak atas ilmunya..

mas, mau tanya
pada saat ngeprin tinta hitam na sebagian kabur padahal sudah sering kali melakukan pembersihan akan tetapi hasilnya masih kabur,apa itu tanda bahwa cartridge sudah rusak dan mohon solusinya?

@anon
maaf masih sama dng pertanyaan yg lain. jawaban ada d artikel atas ato artikel lain d klikbebas

terima kasih oommmm .. tipsnya

saya pernah salah mamasukkan tinta warna. Nah, bagaimana memperbaikinya ?
Mohon solusinya

tinta d sedot semua pake tolkit pentedot sampai habis. kemudian d isi tinta lagi, kemudian d sedot lagi, d isi tinta lagi, biasanya warna sudah normal lg.

bagai mnna solusinya jika catrigenya tdk terdeteksi di komputer saat ingin di gunakaan

cartridge ane ngeluarin tinta bos di bagian bwah nya. bocor gtu yah? bisa diperbaiki apa harus ganti?

penemuan baru busa catridge di ganti spiral ad yang tau nggak

ada cara terbaru busa catridge di ganti spiral

@sdn tergambang.
malah saya kadang kadang, busa cattridge, saya ganti dengan tissu makan pak, ndak sebegitu menakutkan tentang katridge, kalau sudah kenal, katridge mau di apa apain tidak rusak, di kom di timba penuh air, di siram air aqua, dll. sekali lagi, kalo sudah kenal seluk beluk katridge, katridge ndak serentan yang dibayangkan.

@anon
waow thank brother sharingnya

Info yg sangat berguna ini..
thanks gan...

bloginformatika.com

Thanks info nya gan..

Sangat membantu sekali artikelnya, begitu detail dan mudah di cerna.

Kebetulan saya sedang banyak tugas print out laporan full color.. printer yg digunakan IP2770 yg ekonomis dan manis.. tapi sayang nya, bagian warna merah terdapat garis2 / tidak rata, alhasil gambarnya menjadi hijau.

Dari awal biasanya menggunakan kualitas medium, tp sekarang mesti high quality untu mendapatkan gambar yg ok. Mungkin gara proses print yg continue tanpa jeda, sehingga printer baru itu agak ngadat.. sekarang udah paham untuk menjaga kelangsungan hidup cartridge supaya awet, yaitu dengan memberi jeda waktu seperti yg di jelaskan oleh agan. Tapi resiko nya, laporan saya jadi lambat, sedangkan yg harus d print masih ratusan lembar.. heuheueh..

Barangkali ada masukan, saya akan dengan senang hati menyimaknya..

kondis printer skrg:

1. Cartridge masih ori, cuma udah di infus setelah pemakaian setengah dari awal beli. (beli belum 1 bln)

2. Warna merah sudah bergaris2, ga mempan sampai di deep clean.

3. Rada curiga sama saluran tinta merah, karna terdapat rongga udara di dalam nya, disinyalir toko yg infus ini printer kurang padat dibagian warna merah, jadi udara masuk.

4. Print out sekarang hanya mampu sampai 4 lembar untuk mendapatkan kualitas gambar sempurna. Selebihnya harus diem dl.

Thanks.

Maaf panjang, malah jadi curhat.. hehe..

tersangkanya kayaknya ada di point no.3. selang infus warna merah masuk angin jadi supplai tinta ke cartrid tidak lancar. bisa jadi tinta merah pada cartrid kosong.

solusi tentu saja cari penyebab udara yg masuk bisa s knee/karet neple/selang/d cartrid/ cek satu"

pg810 emang catridge ter-lemah yang pernah dibuat, jauhh jauhh dibanding pg40, perbandingannya jika pg40 bisa dipake 6 bulan, maka pg810 hanya bisa dipake 1 bulan, udah gak ada solusi karena sensor nya memang lemah, memang dibuat mudah rusak

Bagaimana solusinya jika tinta warna kuning hasil printnya tdk keluar sma skali pdhal tinta kuning d headcartride keluar, trus hasil print warna lainya bergaris2,, padahal sdh d cealning dn deep cleaning.. apa cartride rusak..?i

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.