Mengenal Lebih Jauh Memory RAM


Memory komputer atau yang disebut RAM (Random Access Memory) mempunyai fungsi sebagai penyimpan data sementara. Menyimpan data dari hardisk dan menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses. Semakin besar kapasitas memory semakin cepat pula kerja suatu komputer.



Cara Kerja

Ketika komputer pertama kali dihidupkan, komponen pertama kali yang bekerja adalah prosessor, kemudian prosessor meminta data-data atau perintah dari hardisk. Disinilah fungsi peran memory bekerja. Pada dasarnya hardisk tidak mampu memenuhi kecepatan permintaan data perintah dalam hal menyuplai data perintah yang diminta oleh prosessor. Maka dibutuhkan peran memory RAM sebagai menampung data dari hardisk dan menyuplai data yang dibutuhkan ke prosessor. Tentu saja semakin besar kapasitas memory RAM semakin cepat pula kinerja suatu komputer. Logikanya jelas, prosessor tidak perlu menunggu terlalu lama data-data yang diminta dari hardisk, untuk ditampung di memory RAM.

Yang perlu diperhatikan memilih Memory RAM


- Jenis tipe RAM : sesuaikan dengan motherboard yang akan digunakan SDRAM, DDR, DDR2, dan yang terakhir DDR3. Ini biasanya bisa dilihat pada papan motherboard, karena memory RAM yang tidak cocok tidak akan masuk pada slot memory pada motherboard.

- Capacity : ditentukan oleh satuan Mb bahkan sekarang sudah Gb. Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat kerja komputer. Kapasitas memory RAM biasanya 128 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb, 2Gb, bahkan sekarang ada yg 4Gb.

- FSB (Front Side Bus) : besarnya jalur data antara prosessor dan RAM. FSB diibaratkan dalam lalu lintas adalah jalan tol, semakin lebar dan banyak jalan tol, maka semakin cepat pula lalu lintas kendaraan. Kalau di komputer kendaraan ini adalah aliran data. Dalam memilih memory RAM sebaiknya FSB nya disesuaikan dengan FSB motherboard, agar diperolah kinerja yang maksimal. Misalnya Vi-Gen 512 Mb DDR2 PC6400 berarti memiliki FSB 800 MHz (PC6400 dibagi 8 byte)


- Bandwith : besarnya data yang dapat diproses dalam satu detik, dengan satuan (Mb/s). Pada memory tipe DDR biasanya dicantumkan ukuran bandwith-nya. Misalnya Vi-Gen 512 Mb DDR2 PC6400 berarti memiliki bandwith 6400 Mb/s, artinya dalam satu detik data yang dapat diproses sebesar 6400 Mb.

- Jumlah IC : jumlah IC dalam keping memory RAM, semakin banyak jumlah IC semakin sedikit jumlah kapasitas per IC. Ada pertanyaan, lebih bagus mana memory RAM dengan IC sedikit atau banyak? Dari berbagai sumber sebenarnya tidak ada perbedaan kualitas kecepatan yang dihasilkan baik IC banyak maupun sedikit, terutama sejak jenis memory DDR keatas. Namun untuk memori jenis SDRAM, pernah dijumpai motherboard yang hanya support dengan memory RAM dengan jumlah IC tertentu, meskipun itu jarang sekali dijumpai.

Bagian-bagian memory RAM :

  1. Printed Circuit Board (PCB). Umumnya RAM memiliki PCB dengan 6-layers.
  2. SMT. SMT adalah komponen elektronik penunjang seperti resistor, kapasitor, dsb.
  3. Notch. Merupakan lubang pengunci agar RAM Cuma bisa masuk ke slot yg sesuai.
  4. Pin. Kaki-kaki RAM yg berhubungan (contact) dengan slot Motherboard.
  5. ICs (Integrated Circuit). Komponen elektronik Memory.
  6. Serial Presence Detect (SPD). Sebuah IC kecil penyimpan data konfigurasi dari RAM.
  7. Circuit. Jalur-jalur listrik / data yg menghubungkan item komponen pada RAM.

11 komentar:

mao nanya
kalo hard disk ekster nal itu harus sesuai dengan merk laptop atau boleh beragai macam merk?

@polres
Semua merk boleh kok

mau tanya kalo harddisk external yang bagus merk apa ya ?
dan kalo vga mid-end merk apa dan tipe apa yang bagus..?
mohon pencerahan

mengapa ram di laptop kita bisa berkurang???

@aku
dambil untuk memori VGA

Kasih pencerahan, slot ram pc ane cma 2 terus slot ƴªπƍ paling dekat dengan processor setiap d tancep'in ran dan pc di hidupkan pc restart terus gag ada selesai nya..
Trus ram ane pindah ke slot yang ke 2, pc bru mau hidup normal..

Mohon pencerahan, karna ane mau nambah kapasitas ram tp slot nya ƴªπƍ eror..

@nursam
slot nya ram kayaknya yg bermasalah. coba semprot dengan contact cleaner.

mau nanya, klo cpu bunyi nutnutnut... itu yang rusak apanya ya?
trus klo komputer dinyalain restar terus, kenapa tuh, apa yang hatus di ganti?
makasih sebelumnnya

@kiki
klo komputer restart terus penyebab kemungkinan tidak hanya satu, bisa memori RAM, power suppy, processor panas, board, dll

Proice AMD sem[ron 64,ECS 6100pm cocok pakai ram DDR2 apa.....800 atau yg bnyak di jumpai saat ini yaitu 5300 dan 6400.agar buat game tidak patah2 dan VGA sya kasih 5570 saphire 1GB Terima kasih mohon bimbinganya om

@ANDRI
tergantung gamenya jg mas... kayaknya AMD sempron kurang pas klo buat game 3D, yg lbih cocok pake Athlon X2, ato yg lebih tinggi. kembali lagi k game yg d mainkan.
mungkin itu sdikit membantu

Poskan Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.