Jabatan Presiden Tapi Gaya Hidup Rakyat Jelata

Untuk sementara keluar dari ilmu komputer, mungkin saja ada hikmah yang bisa diambil dari posting kali ini. Siapa yang tidak tau nama Ahmadinejad, hampir semua orang tau, ya dialah presiden Iran sekarang. Tapi dibalik jabatannya sebagai presiden, mungkin banyak yang belum tau, bagaimana kehidupan gaya hidup Ahmadinejad sehari-hari. Dibalik pembawaannya yang tegas terutama pidato-pidatonya yang menentang negara-negara barat khususnya Amerika, dia sosok yang sederhana. Termasuk pribadi klikbebas sendiri baru tau akan hal ini, bahwa jabatan tidak membuat kita lupa akan arti hidup sederhana. Bahkan bagi Ahmadinejad, sebenarnya jabatan sebagai presiden bukan suatu kendala yang menghambat keinginan untuk memperkaya diri, tapi Ahmadinejad tidak tergoda berlebihan menikmati kekayaan, tetap hidup sederhana.

Berikut kehidupan gaya hidup Ahmadinejad selama menjadi Presiden Iran sekarang :

1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, Ia menyumbangkan seluruh karpet istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menterinyanya untuk datang kepadanya dan menteri-menteri tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya. Arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

5. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.

6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

7. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya. Hanya itulah yang dimilikinya seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

8. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

9. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, Ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

10. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

11. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto2 yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.

12. Sepanjang sholat, Ia tidak duduk di baris paling muka.

13. Bahkan ketika suara azan berkumandang, Ia langsung mengerjakan sholat dimanapun Ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa.

14. Baru-baru ini dia baru saja mempunyai Hajatan Besar Yaitu Menikahkan Puteranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh.

Berikut foto-foto kesederhanaan Ahmadinejad saat menjabat presiden Iran

Menghormati wanita


Jamuan makan kepada presiden Morales


Meja makan Ahmadinejad


Kamar tidur pribadi presiden


Pernikahan sederhana untuk anaknya


Acara pernikahan anak Ahmadinejad



Tanpa pengawalan protokoler yang sangat ketat


Ruang kerja presiden


Mobil pribadi Ahmadinejad


Sholat dimanapun beralaskan karpet


Sholat berjama'ah berbaur dengan rakyat yang lain

Kehidupan sederhana seorang presiden, menjadi pelajaran bagi saya klikbebas pribadi. Memiliki jabatan tinggi ataupun menjadi kaya itu tidak ada larangan, tapi tetaplah hidup sederhana dan tetap membantu dan berbagi kepada sesama.

Sumber: sebagian tulisan dan gambar diambil dari Google, abis gak tau sih mana yang posting pertama kali.

12 komentar:

kira-kira presiden indonesia mau ga yah,,hidup seperti itu .....!!!

@safri
walahhh bro u klo jadi presiden, mau gak lho tidur d lantai??? wkkk wkkkk

ini contoh seorang presiden yang memiliki nurani dan rasa kemanusiaan...tidak merasa tinggi mentang2 memiliki sebuah kekuasaan tanpa batas di negaranya.....presiden indonesia bisakah anda seperti ini........???? jawabnya ada di anda sendiri.........

@anonim
tanya diri lu sendiri aja dulu lah bro. gw jg gak tanya sapa2. lagian sapa juga yang mau jadi presiden, klo rakyatnya kayak lu, susah diatur coy. wkkk wkkk

SALUT bener we...
bru kali ni liat presiden yg ngerakyat spt itu....

maaf mas gmn y cara ny nge share ni berita...

Indonesia akan maju kalo di pimpin yang mempunyai figur seperti beliau

@PCI
ah... mo maju ya tergantung rakyatnya lah. rakyatnya mau d ajak maju ato kagak???

ini baru namanya pemimpin....saya sangat mengagumi beliau...betul-betul Umar bin Khatab

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'gaya hidup' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3608/1/JURNAL.pdf
semoga bermanfaat ya

subhanaallah....aku ingin menjadi dia......

meneladhani nabi Muhammad SAW

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.