Penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris

Artikel "Penyebab Hasil Cetak Printer Bergaris" Ini hanya sharing pengalaman selama menggunakan printer khususnya Epson Stylus T20E yang dimodif infus. Kurang lebih ini kasus bisa berlaku juga untuk printer-printer lainnya Epson Stylus T11, Epson Stylus T13, Epson R230, dll. Printer Epson Stylus T20E sudah menemaniku sejak tahun 2010 sampai sekarang (lihat tanggal posting). Permasalahan yang sering dialami selama memakai printer ini sering hasil cetak bergaris. Untuk hasil cetak bergaris ringan, solusinya bisa lihat artikel saya sebelumnya Printer Epson Hasil Cetak Bergaris . Pernah juga ASF (bagian mekanik printer) patah, akibat kertas paper jam ditarik paksa, jadi beli deh lumayan 75rb.

OK langsung ke inti artikel penyebab dan solusi hasil cetak printer bergaris :


1. Hasil cetak bergaris akibat head yang panas.
Head panas sering terjadi setelah proses head cleaning.
- Head panas juga terjadi pada saat setelah printer (yang dimodif infus) melakukan pengisian tinta pada cartrige. Setelah pengisian inilah printer secara otomatis melakukan head cleaning.
- Head cleaning biasanya juga terjadi pada saat printer yang dalam keadaan off/mati terus dihidupkan, seringkali printer (khususnya Epson Stylus T20E) secara otomatis melakukan head cleaning, padahal level tinta belum menunjukan akan habis.
Solusi.
Terus untuk kasus yang ini bagaimana solusinya, tidak kami bahas lagi, karena jawabnya sudah ada pada artikel saya sebelumnya silahkan Printer Epson Hasil Cetak Bergaris.

2. Hasil cetak bergaris karena debu yang masuk ke catrige.
Masalah debu memang sepele, tapi akibatnya bisa bikin kesel, berkali-kali printer sudah dicleaning, hasilnya normal sebentar gak lama kemudian eee... bergaris lagi. Trus dari mana debu kok bisa masuk ke catrige? Seringkali debu masuk melalui lubang pada botol tinta printer infus, seringkali debu berkumpul pada sekitar lubang tersebut dan debu masuk bersamaan pada waktu pengisian tinta pada botol tinta tersebut, lebih-lebih jika waktu pengisian tinta sampai luber, otomatis masuk deh bercampur dengan tinta ke dalam botol.
Pencegahan.
Untuk yang satu ini, agar debu tidak mudah masuk ke botol :
- printer jika tidak dipakai dalam waktu yang lama ditutup dengan kain. kalau saya sendiri (emang sih penampilan jadi kurang menarik tapi gak papalah yang penting printer jadi awet) printer saya masukin kardus bawaan printernya, dengan saya lubangi bagian atas dan depan untuk lubang kluar masuk kertas.
- sebelum mengisi tinta pada botol infus, bersihkan dulu menggunakan tisu sekitar lubang botol infus dari debu.
Solusi.
Untuk yang satu ini solusinya tidak cukup dengan seperti pada nomor 1. Dari pengalaman tinta dalam catrige dan botol infus harus dikuras habis. Untuk tinta yang ada dibotol infus dicuci dengan air bersih dan dikeringkan, untuk tinta yang ada catrige dikuras disedot. Jika mengalami kesulitan untuk solusi yang satu ini sebaiknya serahkan printer kepada ahlinya alias ke servis printer terdekat, dari pada itu printer tambah parah.

3. Hasil cetak bergaris akibat catrige jebol/bocor/bahasa lainya apa ya?
Untuk kasus ini lumayan parah. Catrige jebol bisa terjadi karena printer yang dipaksa kerja keras untuk untuk mencetak.
Pencegahan.
Untuk pencegahan, terutama waktu mencetak warna full color, setiap 5 lembar mencetak usahakan printer untuk diistirahatkan sebentar (1 - 2 menit, lebih lama lebih bagus).
Solusi.
Untuk mengatasi masalah yang satu ini, tentu saja catrige jelas harus diganti. Cuman permasalahannya dari mana kita tau kalau catrige sudah rusak/jebol? Sulit untuk menjelaskan untuk yang satu ini melalui tulisan.
Caranya :
- dengan menggunakan suntikan yang dilepas jarumnya.
- kemudian sedot lubang bagian atas catrige dengan suntikan tersebut.
- kemudian lepaskan tarikan suntikan, dalam keadaan suntikan masih menancap pada catrige.
- jika tarikan suntikan kembali pada posisi semula, berarti catrige masih dalam keadaan normal
- jika tarikan suntikan tidak kembali pada posisi semula, berarti catrige sudah rusak/bocor/jebol, dan tentu saja harus diganti.

semoga mengerti maksudnya deh

4. Hasil cetak bergaris karena head yang sudah rusak.Wahh.. untuk yang satu ini jangan sampai terjadi dah. Headnya mahal bisa ampe 300 rb lebih untuk printer yang setara dengan tipe Epson Stylus T20E.
Pencegahan.
Untuk pencegahan gunakanlah printer setiap hari, walaupun itu hanya untuk mencetak satu lembar. Jangan sampai printer tidak digunakan sampe 1 bulan, alamat dah itu headnya, tintanya mengering dalam head. Dan saran aja agar head awet (dan ini yang saya lakukan hampir 2 tahun pada printer Epson saya, dan sampai sekarang headnya tidak mengalamai masalah) jangan dimatikan printer saat digunakan ataupun tidak digunakan, hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi pengeringan pada head printer (kata sharing dengan teknisi printer sih begitu, dan itu yang aq praktekkan, sampai saat ini head printer tidak mengalami masalah, mo percaya ya silahkan, gak percaya ya kebangeten dah).

Ok deh segitu dulu tips sharing pengalaman. Kurang baik apa coba, dah mau sharing? klo mau copy paste ya silahkan, asal mencantumkan link sumbernya, klo gak nyantumin sumbernya ya kebangetan, awas lu gw tagih entar di akhirat. heeee heeee. Mo di anggap serius silahkan, bercanda ya silahkan.

53 komentar:

hahahaha thanks gan...
info.a lumayan...
:P

Terimakasih gan....
kalau printer epson nya paper jam gimana lagi tu gan
mohon bantuannya gan....
terimaksih sebelumnya gan
:)

Maicih gan(makasih mksdnya) =D
bner bgt tuh,..
sya mau nanya, klo print hitam jdinya polos aja putih g ada garis sma skali itu knpa ya?
pdahal tinta itemnya baru diisi
awalnya sih pas ngeprint item jadinya belang, tp 5 menit kmudian pas print item lg eeeh malah mulus aja tanpa titik sma skali, klo print warna mah normal, tp skrg yg itemnya malah ngambek g mau keluar haha...
thanks y gan,.dtnggu solusinya gan

@berbagi
bisa rolnya kebanyakan. ato ada benda asing masuk.

@hakim
klo ada tinta awal keluar kemungkinan ya msh d catrid. klo epson cara ya sperti d posting ini. klo canon dah ada tu artikelnya.

Bagus artikelnya gan,
Tapi gan, untuk point 1..
Solusinya kok proses HEAD CLEANING? Padahal penyebab head panas dikarenakan head cleaning pada saat printer off trus dinyalakan?
Mohon penjelasannya gan.

@al_baw
itulah printer epson jika setelah cleaning langsung digunakan untuk print hasil bergaris. gak percaya? buktikan aja deh... solusianya ya d point 1 itu

@al_baw
dari pengalaman , tinta juga berpengaruh. baca jg
http://klikbebas.blogspot.com/2012/03/akhirnya-kutemukan-tinta-printer-idaman.html

untuk point no.4 klo printer tidak boleh dimatikan berarti boros listrik dong gan...

@kodok
la klo boros listrik ya gak usah d praktekin lah bro... gt aja kok repot...

Iyanih printer ane lg keluar garis2, mau dicoba tips di atas.makasih ya

Thankyu Gan, ane coba dlu.....

gan misi, kalo printer ane t13x uda ditembak pake head cleaner tapi masih garis ,,,cuma garisnya halus.....apanya ya gan??????ga bisa ilang tuh garis.....

@koko
klo d test print bgmn? apa nozzle keluar semua dengan garis lurus teratur?
sesuaikan setting peinternya dengan dokumen yg akan d cetak. teks/gambar.

head printer tuh yg mana yah ??
punya ane canon pixma Mp180..

Thanks

tanya ms bro,printer ku epson r230x cek nozzle hasil bagus,cuma ada bolong2 dikit,tapi buat ngeprint poto,ama tulisan hasilnya ngebayang,gmna tuh ms bro?

@heri
cek nozzle harus penuh sempurna, tdak ada bolongnya, klo bolong sedikit atau 1 titik saja, hasil pasti bergaris. apa lagi bolong lebih dari 1 titik

mksih ya mas bro info bermanfaat banget bwtt aq
semoga suscees mas bro trus berkarya mas bro

mas saya pake epson r230, tiap kali print tidak berurutan terus pasti gagal tiap udah ke prin 1 lembar dan harus print ulang. knp ya?

@hello
q blum paham pertanyaanya gan...

tiap kali print tidak berurutan terus pasti gagal tiap udah ke prin 1 lembar dan harus print ulang

bisa kasih titik komanya gan..?

Gan, printer epson T13x ane hasil print hitamnya bergaris-garis,sudah di head cleaning tapi belum bagus juga, penyebabnya apa ya gan? apa headnya macet? soalnya sudah 2 minggu ga ane pake gan.
ditunggu jawabannya ya, terimakasih.

kayaknya tinta mengering d head gan...

ane mau nanya gan untuk masalah head...
(Dan saran aja agar head awet (dan ini yang saya lakukan hampir 2 tahun pada printer Epson saya, dan sampai sekarang headnya tidak mengalamai masalah) jangan dimatikan printer saat digunakan ataupun tidak digunakan, hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi pengeringan pada head printer (kata sharing dengan teknisi printer sih begitu)apa gak ngerusak mother boardnya gan?brarti punya ente 2tahun gak pernah di matiin ya

alkhamdulillah tidak pernah sy matikan, yang matikan paling PLN mati lampu. kayak nya gak perlu sy ulangi... sudah jelas d posting... bebas pilihan masing". sy hanya share pengalaman, dan itulah yg saya lakukan.
klo mo board awet ya silahkan d matikan (namun selama 2 tahun tidak terbukti board rusak)
klo head awet ya dihidupkan. namun masalah head itu dulu, dan kualitas tinta sangat berpengaruh, panjang jawabnya bro, gak bisa d diskusikan hanya lewat komentar. mungkin artikel berikut bisa menjawab, meskipun tetap pilihan masing". saya hanya share pengalaman. http://klikbebas.blogspot.com/2012/09/tentang-printer-epson-hasil-cetak.html

mkasih gan,,,,printer gw sembuh lgi uy

kalau punya saya kenapa kalau print kualitas text selalu bergaris-garis, tetapi kalau diganti dengan kualitas photo hasilnya sangat baik mohon pencerahan :(

@anon
bisa head yang bermasalah

thanks gan........ilmunya

mantapp nih share nya gan..tapi ane punya masalah dgn epson R230..tintanya sering low.padahal di botol masih penuh.trus saya reset bisa lagi tapi kemudian warna yg lain yg low...

terima kasi banyak boss ,good luck..

kalau apa yg menyebabkan hasil percetakan pada printer tidak bagus

@anon
tidak bagus itu yg bgmn bang?

Membantu sekali.
Tapi tetep aja saya ketempat servis. Mau di bongkar takut parah..
Seenggaknya, gak dibohongi. Heheheee...

@ahmad
maksudnya d bohongi gmn om arif?

Gan kalo hasil print di R230 suka ada garis horizontal skitar 5 mm dari ujung kertas,gmana ya Gan cara benerinnya..
ni previewnya.. http://s17.postimg.org/itkdtq6d7/Udntitled_2.jpg

Gambarnya kecil gak kelihatan gan

Gan, kenapa ya setiap saya test print selalu hasil cetakan yang berwarna kuning bergaris, sedangkan untuk warna yang lain baik-baik aja.
mohon pencerahannya.....

kasusnya seperti yg saya alami..sesudah di clean ya langsung bergaris hasil cetakannya...lagi nunggu proses pendinginan head neh...

saya make r230x gan,,,baru beli dan hasilnya tidak seperti yang dikatakan orang2..pas cetak photo selalu ada garis, terutama bagian wajah...awalnya saya kira pengaruh kertas yang tidak sesuai dengan tinta,,tapi saya coba kertas yang lain hasilnya tetap sama, padahal udah pake best photo dan RPM. kira2 gimana tu gan,,printerku pakai tinta ink-brite langsung dari tokonya,,apa harus ganti tinta ya gan...thanks sebelumnya

makasih bro, printer di kantorku yg hitamnya garis, udah aku copotin dan aku lepas catrid nya tetap belum bisa :(
tapi thanks infonya cukup memahamkan kenapa masalahnya

syy memakai perinter L120 sayat sy mencetak. gambarnya bergaris 2cm dari pingir seperti yg gak kena tinta..mohon bantuannya gan..

Printer saya Epson cx 5500 untuk foto copy tidak jelas atau bergaris kalo ngeprin pilihannya foto dan tex

@anon
maaf pertanyaan kurang jelas

waduh kalau sampai kena headnya, bahaya mesti sering digunakan..

gan kalau hasil foto warna kuning semua itu knp gan?thks gan sebelumnya

@aris
bisa jadi salah satu warna tidak keluar

Bro, printer L100 saya hasilny masih tetap bergaris-garis (horizontal. sudah saya clean berkali-kali dan udah di diemkan berpuluh2 menit.
Kasih solusi ya Bro, ditunggu
salam n sukses slalu blognya

@anonim
sy rasa semua solusi sudah ada d artikel. klo memang head sudah rusak ganti aja. memang mahal

saya punya printer c90. awalmya mau isi cartridge tintanya, eee skrg malah ga bisa print sama sekali. sdh di head cleaning, sdh nozzle check ( semuanya pake bantuan adj program ). sama yg service sampe di sedot pake suntikan si lubang yang mau ke head print. semua tinta warna dan hitamnya keluar, tapi setelah di cleaning step ( biasanya pas printer di nyalakan ) langsung kering semua. dari pipa pembuangan juga ga keluar sisa tintanya. terus di coba lagi pake cartridge yang baru, tetep sama ga mau keluar tintanya. apakah ini berarti problem di head print? apakah karena jarang di pakai ngprint head printnya bisa bermasalah? dulu banget ( sebelum akhirnya kembali ke system cartridge biasa ) pernah pake system infus, sama juga problemnya, pdhl sama penjualnya pernah di sarankan bila printer tdk di pakai dlm waktu yang lama, selang infusnya di jepit saja. sdh di lakukan tapi tetap saja bermasalah saat mau di pakai print. sampai saat ini belum di lakukan tindakan sama tukang servisnya untuk melakukan pembersihan head print,krn dia kehabisan head cleaning liquid.
head cleaning liquid dengan ink cleaning liquid sama - sama di gunakan untuk mengencerkan tinta yang beku kan? kenapa tkg servisnya tdk mengunakan ink cleaning liquid saja untuk membersihkan head printnya, tokh sama fungsinya.
oh ya, saya sdh memakai printer ini 5 thn dng system cartridge ori, ganti ke system infus, kemali lagi ke cartridge ori. mohon pencerahannya yaw.... thanks

Poskan Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.