Cara Cepat Mengunci Folder (tanpa software)

Mo sharing tips cara cepat mengunci atau menyembunyikan folder (tanpa softwere).
langsung aja sob, ikuti langkah-langkat berikut :

1. Siapkan folder yang akan dikunci (nama folder jangan memakai spasi, klo menggunakan spasi saya belum tau cara mengembalikannya). Misalnya nama foldernya "rahasia"

2. Rename / ganti nama folder tersebut
dengan cara klik kanan folder --> pilih rename --> tambah dengan ".{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}". Jadi namanya berubah menjadi "rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}".

3. Selesai deh (cepet kan). Ketika folder akan dibuka akan secara otomatis membuka control panel.


Nah.... lo sekarang bagaimana cara mengembalikannya???
kasih tau gak ya....

sabar-sabar

Cara mengembalikannya ikuti langkah-langkah berikut :
1. Masuk DOS
cara nya, klik start --> klik run --> ketik cmd (akan tampil Command Prompt seperti di bawah)












ketikkan kode "cd.." --> kemudian enter --> ulangi lagi ketik "cd.." (sampai tampil Command Prompt seperti dibawah)












2. Rubah nama filenya seperti semula
ketikkan "ren (nama awal) (nama akhir)"
Misalnya :
"ren rahasia.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} rahasia"
(perhatikan spasinya)












3. Tekan Enter. Selesai deh

Selamat mencoba
NB : tanda petik bukan termasuk kode, hanya untuk mempermudah penulisan artikel. Perhatikan spasi, titik, letak drivenya. Sedikit saja ada yang kurang dijamin gagal.

18 komentar:

ini berfungsi untuk semua windows apa tidak.
sedangkan saya coba di w7 tidak berfungsi sama sekali.
sebelumnya terimakasih ya.
gimana tolong di perjelas lebih lanjut..?

@XENZHU. d windows7 blum coba. berjalan d xp

saya kok tidak bisa mengembalikan filenya yah..

ko saya tidak bisa mengembalikan ke awal lg yah.. padahal udah sy ikutin petunjuknya... file saya gag bisa dibuka deh.

@baju @ hesti
saya berkali2 bisa kembali seperti semula. cara sama persis dengan artikel yg saya tulis. perhatikan letak drive nya jg (c, d , atao yg lain). yah anda belum beruntung kali

klu di D nggak bs d buka ya..gan..

@dian
untuk d drive bisa kok
klo di D pindah dulu. cara ketik D: ---> enter

gampang klik kanan ajachh
pilih rename...
HAPUS ajachhh kode {21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} nya
kembali lagi dechhhh

gampang banget nge bongkarnya...

buat agan2 smua klau cara membukanya itu tinggal klik kanan.. pilih rename.
atau klik kanan propertis.
kemudian hapus {21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D} nya
jadi dech

data saya yg di D kga bsa dibuka lagi..

sebenarnya gak usah repot" sna kodenya itu.,
saya coba sendiri dengan cuma "rahasia.{10}."
mau aja kok berfungsi tu kode

maksudnya ini apa ya gan? "ketikkan ren (nama awal) (nama akhir)"

@ZZZZ
maksudnya dikasih garam, bawang scukupnya kasih cabe sesuai selera, baru deh di goreng. wkkkk wkkkk.

saya ko ga bisa membuka foldernya kembali ya??
kemana caranya ya?

Buat agan agan yg blm bisa ngembaliin folder na kesemula, coba perhatikan letak folder na karna pd saat di DOS harus bener" spesifik.
sbg cnth, td na folder yg ane rename ad na di "C:\Documents and Settings\server\My Documents\rahasia"
berhubung ribet kepanjangan letak na ane pindahin folder na ke drive "C:\rahasia" ( cut or copy folder na paste ke C)
selanjut na masuk lg ke Dos dan ulangi lg cara na. Semoga beruntung

Malah gk bisa :'( tolong please ane naronya di D tp bingun step berikutnya apa

@EIZAN
g bisa nya d mana ? step2nya sudah jelas itu. baca pelan2, jangan ada yg terlewat

buat yang gak mau repot silahkan ikuti cara ini:
1. buka notepad dan copykan script di bawah ini

@ECHO OFF

if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Mau dikunci ??(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK

ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Foldernya dah terkunci
goto End
:UNLOCK
echo masukkan password.....
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== 123 goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Foldernya berhasil di buat
goto End
:End

cls

2. simpan dengan extensi .bat, misal rahasia.bat
3. tutup notepad dan akan ada file rahasia.bat
4. klik dua kali maka akan ada folder bernama "Locker"
5. masukkan file-file rahasia agan disini.
6. klik dua kali untuk kunci folder, akan tampil msdos, tekan y, maka folder "locker" akan hilang.
7. untuk membuka kembali klik dua kali rahsia.bat, maka akan tampil msdos, ketikkan passwordnya, dan folder locker akan tampil kembali.

note :
Anda bisa mengubah password dgn mengganti script yang ini :
if NOT %pass%== 123 goto FAIL
123 adalah passwordnya.

penulisan : Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}, satu baris, tidak boleh terpisah.

thanks, semoga berhasil.

Poskan Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.