Cara Menghapus Virus Copy of Shortcut + Recycler


Ni virus awalnya bikin jengkel, begitu flashdisk di colok, trus buka flashdisk di windows explorer, virus langsung masuk komputer tanpa jejak yang mencurigakan. Untung Kompi gw pake Deep Freeze, begitu restart ilang deh tu virus. Cuman virus di Flashdisk tetep aja hidup. Berbagai cara udah saya lakukan mulai dari :
- Autorun sudah dinon-aktifkan
- Menonaktifkan sistem Restore
- Pake Smadav terbaru
- Pake Firewall Flashdisk
- Pake CleanVir (buatan sendiri, pake DOS)
- Anti Virus lain gak saya coba, bikin lelet kompi.
Semua cara di atas pada gak mempan.


Ternyata caranya gak jauh2 dari website "ilmu komputer" ini, dan sudah pernah saya posting sebelumnya (KLIK DISINI).

Langkah-langkahnya :
1. Pasikan komputer terbebas dari segala macam virus, pastinya termasuk "Virus Copy of Shortcut + Recycler" tidak menjangkit. Kalau komputer sudah terinveksi, disaranin instal ulang aja deh (weeeee wee). Kok instal ulang??? karena bagi saya membersihkan virus tu sama lamanya bahkan lebih lama dari menginstal ulang (lihat 10 Menit Install Windows XP). Belum lagi mengembalikan registry, mengembalikan setting windows yang dirubah virus, dsb. Instal Anti Virus, setelah konputer terinveksi virus??? emang bisa??? emang komputer gak lelet??? Makanya q sarani aja Instal ulang tu windows, trus kasi DeepFreeze. Eit... blum selese, kan intinya membersihkan virus yang ada di FlasDisk.

2. Instal software Setup Dubalang (Download klik DISINI) dan (artikelnya bisa dibaca disini). Ini software bikinan anak bangsa lho, ciptaan kang Ahlul pernah nongol di Life Style MetroTV (asli lho bukan plagiat kayak anak SMP yang baru2 ini. heee....)

3. Nah setelah terinstal, silahkan deh flasdisknya di colokin ke komputer, akan terlihat "PEMBLOKIRAN EKSEKUSI FILE" virus yang akan berjalan secara otomatis, tapi jangan diclose dulu "PEMBLOKIRAN EKSEKUSI FILE" (diminimize aja), biarkan begitu saja untuk sementara. Nah langkah pertama berhasil, agar virus tidak masuk ke komputer.

4. Langkah berikutnya membersihkan file virusnya yang di Flashdisk. Untuk membersihkan silahkan download filenya DISINI (kecil cuman 2kb), nama Filenya CleanVir. Trus copy kan file tersebut ke Flashdisk. Kemudian jalankan file tersebut, Ikutin petunjuknya (klo kurang jelas silahkan tanya di komentar).
(INGAT copy kan file CleanVir ini ke FlashDisk, setelah tampil "PEMBLOKIRAN EKSEKUSI FILE" dari software Dubalang)


5. Nah File autorunnya sudah terhapus. Sekarang close "PEMBLOKIRAN EKSEKUSI FILE"

6. Nah langkah terakhir, jalankan sekali lagi file CleanVir, untuk membersihkan file virusnya, biasanya file virus ini terletak di folder recycle.

70 komentar:

boss kalo kompi udah diserang gmana ? saya pake windows 7

@rian. awh ketauan g baca ni... asal komen. baca posting saya pelan2 bro.

wah...thanks bro...tapi lom coba, baru nyedot dulu,,besok baru test case....numpang repost d budideput.blogspot.com ya....

Ok mas Harus dicoba. dah pusing sama yang namanya virus ramnit

ada virus ramnit di recycle nya, trus itu ramnit jahatnya minta ampun, kerjaannya download virus :'( sekarang komputer saya saya install ulang os, eh tetep aja, biar udah format hardisk, itu virus tetep nangkring di C

trimakasih Mas 100% berhasil&bekerja

pusing gan, yang di tumpangi browser ane
ane coba dulu

thx

makasih, akhrnya dapet juga solusinya...sukses...

tnaks abizzzzz.......!!!!
infonya keren

subhanllah...berguna sekali buat ane

thanks gan...
infonya mantap poll

trims ya..akan saya coba..lumayan pusing juga dibuat virus2 ini...trimakasih ya..

maaf mau bertanya..
kasus saya seperti ini..
virus recycler+shorcut yang ad di dalam flashdisk bisa dihapus dan bahkan diformat di komputer lain..
tp setiap dicolokan ke komputer yang satu lg, virus itu selalu muncul kembali..
bahkan mencolokkan flasdisk yang lain ke komputer ini, selalu saja terjangkit..
saya pikir virusnya berada di komputer ini..
mohon pencerahannya..
terima kasih..
:)

PUNYAKU MSIH LOM BERSIH NIH..GMANA CARANYA YAAA?APA YG SALAH..

mas, kalo misalnya shirtcutnya tetep ada gimana ? adahal saya udah ngejalanin semuanya dengan bener kok.

saya udah jalanin langkah2nya dgn benar tp kok autorun.inf nya msh ada ya?? copy to shortcut-nya hilang tp cm beberapa detik trus balik lg. knp ya??

ok gan yang tersisa cuman folder nya doank lagi .. !!!! 1 Jempol dah.
tapi aku rasa pake Anti virus Kaspersky bisa hilang juga. ^_^
Buat @riris itu komputer nya yang terkena ...
jadi baca lagi dengan bner posting nya.
klo PC nya lbih baik instal ulang .. !!!
wkwkwkwkwkwkwkwk

aduh....komputer gw mulai sakit kalo di biarin bisa gawat,,,

sama kejadian dengan komputer saya, kenapa itu masih ada karna komputer saya sudah terinfeksi virus itu...

Berhasil, terimakasih banyak

kemaren aku hapus virus itu di flash disk pakai cara.

Komputer harus bersih dari virus dan sudah dimatiin autorunnya pake gpedit.msc. Colokkan flash disk ( ingat jangan pernah klik kanan ) setelah itu buka my computer kemudian klick view trus klick explorer bar dan pilih folder ( ingat jangan pernah klik kanan ) kemudian pada samping kiri terlihat explorer bar kemudian klick drive flash disk pada explorer bar kemudian pilih folder RECYCLER kemudian klick tab file trus pilih delete lakukan juga pada file copy of shortcut to ( 1 sampai dengan 4 ) kalau nggak keliatan coba buka tab tool trus folder option buka settingan hiddennya. Setelah itu safe flash disk dan restart. Cmiiw.puter harus bersih dari virus dan sudah dimatiin autorunnya pake gpedit.msc. Colokkan flash disk ( ingat jangan pernah klik kanan ) setelah itu buka my computer kemudian klick view trus klick explorer bar dan pilih folder ( ingat jangan pernah klik kanan ) kemudian pada samping kiri terlihat explorer bar kemudian klick drive flash disk pada explorer bar kemudian pilih folder RECYCLER kemudian klick tab file trus pilih delete lakukan juga pada file copy of shortcut to ( 1 sampai dengan 4 ) kalau nggak keliatan coba buka tab tool trus folder option buka settingan hiddennya. Setelah itu safe flash disk dan restart. Cmiiw.

Wuuuiih Siiip bgt nih brow,
Thx yee infonya, ane dah coba dan berhasil,
TOP BGT...

Saya rasa komputer saya udah terjangkit, tiap kali ada external disc yang masuk pasti ada RECYCLERnya, tapi di komputer saya gak ketemu tuch folder, virus, atau semacamnya, padahal sudah check Show Hidden Folders dan uncheck Hide System Files... di Control Panel.
Gimana caranya kalau seperti ini? :/

Mantap!! Udah seminggu dikerjain sama ini virus :P. Salam Sukses Amat bermanfaat infonya.--Adrie.M.S - Penulis buku Menguak Misteri Terheboh Sepanjang Masa

ini virus kok saya dapat gara-gara pakai smadav!
bikin kesal !!
thanks banget tips-nya!

dulu Saya pake smadav dan terjangkit virus tsbt ('maseh ragu seh penyebabnya smadav ato yang lain"'),,lalu Windows saya install ulang dan smadav tdk saya gunakan lagi..dan aman sampai sekarang..//ini ada cara dari Agan lebih praktis & ampuh..thank's Gan '+' maju..

saya belum banyak tau mengenai komputer, hanya saja saya punya lptop dn saat teman saya colokin flasdisk tryta da virus byaknya byak bget, nah tp begitu saja langsung dilepas flasdisknya.
nah gimna tu k'? udh masuk k kmputer blum ya ? trus gmana cra mengatasinya?

hemm bingung dari mana jawabnya?

jawaban itu bisa untuk 1 posting bahkan lebih. klo dah baca pelan2 ini posting artikel, pasti tau bgmn cara mengatasi virus, ini cara versi saya dengan kelebihan dan kekurangan, kebetulan ini yg cocok dengan gaya saya, dan slama ini komputer sy bebas virus tanpa anti virus.

boss kalo virusnya juga besarang di data D dan master E gimatuh harus di format ngak tapi kalo di format data-data penting aku akan hilang

sama aja kayak d flasdisk, tetep gunakan file cleanfire nya. baca pelan2 bro.

repot amat tuch tutorial,
pke Linux dah resbes,,,
semua masalah windows terjawab di Linux.. hehe.

@didin
wahh masak sih bro ajarin dunk, py tutorialnya gak? klo instal pointblank d linux bisa gak?

ko recycler nya belom ilang gan ???

@ciber
folder recycler tu bukan virus bro

@ciber
cara hapus recycler. hapus terlebih dahulu file didalam folder, trus baru hapus folder recyckle nya

Supaya aman dr virus yang disebut2, sperti recyler, copy to shortcut atau yang lainnya, gw sarankan kepada lo pade untuk menginstall anti virus EsetNod32 di Kompi masing2 dan harus terupdate, soalnye gw udah buktiin sendiri. begitu USB/Flashdisk masuk ke Kompi gw, langsung didetect. jadi kompi tetap aman. selamat mencoba

saya sering dapat nih virus seperti ini, solusi buat kompi yang telah terjangkiti, masuk di safe mode lalu lihat msconfignya.... disitu pasti kelihatan ada file yang startup dengan nama yang aneh... coba lihat path virus tersebut dimana... dan hapus master virusnya... biasanya ada dua tuh master virusnya.... lalu restart... install smadav terbaru lalu colok flash yang bervirus dan scan pake tuh antivirus... ternyata berhasil... kalau gagal berarti virusnya bukan hanya yang disebutkan diatas,, tapi sudah komplikasi...

thx kk
......
leptop ku yg kedua g jd di hempas lg....
thx x kk.....

MAKNYOS tu virus langsung GOSONG!!! thx bro.....

kok di plashdisk aq virusx g ilang2 seeh, pada da yang salah ne????

Gan ane mo naya nii?!! klo virusnya dah masuk di hp gmn ga?n, kalo di bersihin sdcard doank nanti bkl nongol lg gk lewat hpnya?!!
Tolong gan gmn nii solusinya, dan ada gk file apknya soalnya ane pake android nih??!!!
Thanks gan sblumnya ...

@ abdul
ya caranya d posting ini. wahh baca deh bro. mo flasdisk mo sd card caranya sama

kalo uda di instal ulang windows 7 kok masihh nongol nongol nihh virus risihhh bangeettt pliss bantuin..

masih tetep muncul mas virusnya di flashdisk, gimana solusinya ?

@ilham
cek kembali langkahnya, jgn ada yg terlewat.

qu dah coba semua pi file cleanvir nya ndak bisa dicopy ke flash,,,
kira-kira kenapanya?

Tips yg sangat berguna mas, hehe
dulu aku make McAfee V8.7i untuk berantem ma tu virus, alhamdulillah ilang tu virus..
makasih inponya... mampir mas di blog saya :)

Mas, saya lagi nyoba caranya mas....
trus bingung pas ngejalanin file ClearVirnya itu sebaiknya milih opsi yg mana klo milih yg nomr satu babat tuntas ko sy waswas file sy bakal ilang jg...maap sy gaptek soalnya hehe...
Trus saat menjalankan ClearVir dubalang nya ga boleh di close yh?

Mohon pencerahannya mas...trima kasih :)

@davi
babat tuntas itu membersihkan sampai masuk ke dalam folder. sebelumnya amankan file2 program yg berekstensi .exe atau pastikan file .exe belum d susupi virus.
untuk mengamankan file exe bisa lihat d posting
http://klikbebas.blogspot.com/2010/09/proteksi-file-dari-virus-dengan-winrar.html
untuk file lain seperti office, gambar, musik, tidak akan hilang dengan cleanvir
untuk penggunaan spertinya sudah jelas... ikuti saja pelan2 di posting.

@davi
tambahan juga virus ramnit (biasa d sebut virus shortcut ini juga akan menyerang vife exe. jika komputer sudah lama ter infeksi, biasanya file2 exe akan tersusupi virus.

tapi gan ko tdk menerima komplaint,.

@napa
tapi gan ko komplaint mulu

nice info shortcut ma recyler ku kehapus semua thank

Ane ada trik buat MENCEGAH flashdisk dari virus itu. Ini hanya menjaga flashdisk doang ya, ingat! Karena virusnya bersarang di «folder» "RECYCLER", maka kita bikin «File» namanya "RECYCLER". Tujuannya biar ntuh virus gk bisa bikin folder buat naro ntuh virus yang alhasil virus pun gk bakal masuk. Caranya:
1. Buka view>folder option(win7 cari di google ya).
2. Hilangkan centang "hide extension......". Klik ok.
3. Klik kanan di tempat kosong flashdisk anda, pilih "new>new text document"
4. Kasih nama "RECYCLER"(tanpa kutip, hapus ekstensi .txt nya).
5. Jangan pernah dihapus file itu. Kalo mau, hidden aja.

Kalo flashdisk kecolok di kompi yg ada virus ini, flashdisk bakal kena file sampah dari virus ini, namun tidak berbahaya dan dapat dihapus.

@hasnawi
thank sharing ilmunya

ManTappp Bwt Ilmu Komputer

Link cleanvir nya eror bos.

gw juga jokam gan.. nie artikel ane ttg virus juga.. cekidot!!
http://anggajoe.blogspot.com/2013/03/menampilkan-folder-dan-file-yang.html

hasnawi klo bkn txt trus extensi filenya apa'an??

instal ulang OS baru langsung instal norton atau avira pasti hilang virusnya

saya mau nanya. kan saya tadi nyolokin flasdisk saya dikomputer. nah ternyata flasdisk nya itu kena virus. komputer nya ga ada antivirus nya. nah terus virus nya nyebar deh dikomputer. terus semua data di komputer nya kena sorcat. apa masih bisa di benerin ? terus apa data nya semua bakalan ilang? mohon di balas

@alda
data-data d komputer tidak hilang hanya saja disembunyikan oleh virus. kalau saya pribadi saran instal ulang saja windowsnya. banyak cara sebenarnya. tidak bisa dijelaskan satu-satu bisa panjang...

Poskan Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.