Camera CCTV Menggunakan Webcam ( Bag 3 )



Sebelum membaca posting Camera CCTV Menggunakan Webcam ( Bag 3 ) ini sebaiknya membaca posting saya yang dulu tentang :
1. Camera CCTV Menggunakan Webcam ( Bag 1 )
2. Camera CCTV Menggunakan Webcam ( Bag 2 )

Agar kamera CCTV webcam dapat dipantau dari jauh dan dapat diletakkan di tempat yeng tersembunyi, perlu memperpanjang kabel USB webcam.

Alat dan Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1. Kabel UTP (kabel ini digunakan biasanya untuk jaringan komputer, beli aja di toko komputer, jangan d toko besi, heee....). Sambungan dengan menggunakan kabel UTP ini biasa mencapai panjang 20 meter camera webcam masih dapat terdeteksi.



































2. Sambungan kabel USB (beli yang kwalitas bagus)





















3. Timah + solder

4. Selotip

5. Gunting Dll (tambah sendiri dehhh...)


Langkah-langkah pembuatan :

1. Potong sambungan kabel USB dan kupas hingga terlihat serabutnya. lihat gambar




















2. Kupas kedua ujung kabel UTP, hingga terlihat serabut tembaganya. lihat gambar




















3. Hubungkan ujung kabel USB dan kabel UTP dan solder dengan timah. lihat tabel hasil lihat gambar.















































4. Rapikan dengan selotip.

5. Slese deh. Kabel siap digunakan untuk memperpanjang kabel USB webcam.

36 comments:

CCTV ini hanya untuk jaringan LAN yang sama; bagaimana kalau kita ingin memantau CCTV-nya di internet, yang jauh dari LAN kita. Terima kasih.

@PANGAN menurut sepengetahuan saya webcam7 emang bisa di pantau lewat internet, bahkan lewat HP sekalipun, cuman komputer mesti di set sebagai web server yang bisa d akses dari manapun, akses internet pun harus dapat ip static (klo speedy minimal paket game).

Mangstab...! boleh dicoba nih... btw itu kabel LANnya bisa langsung di hubungkan pake ujung RJ45 ke LAN PortNYA komputer ya...? apa harus disambung lagi sama ujungnya usb konektor? thx.

@GROGES gak pake RJ45 bro. diganti USB conector. tu d posting dah jelas kayaknya dee.

Numpang nanya nih bang. Artikel2 sebelumnya sudah saya baca. seupama ujung kabel UTP satunya saya gak ganti (tetap pada port RJ45) bisa gak ? Maksud saya begini : WEBCAM > USB > UTP > KOMPUTER. jadi ujung utp satunya ke komputer sebagai LAN, apa bisa dibuat IP addreess untuk masing2 WEBCAM (seumpama 4 WEBCAM)? jadi di software WEBCAM 7 gampang ngaturnya tiap2 webcam. thanks ....

@anonim. gak bisa la bang. ne kan bukan ip camera. klo ip camera gak usah pake software segala macem kayak gini, langsung tancep HUB conect dah, cuman ya ip camera harganya lebih mahal.

yakin bang 20 meter msh bisa detect webcamnya?? soalnya mw bikin, tp ragu nih, soalnya banyak yg bilang perpanjangan maximal cm sampai 10 meter, lebih dari itu "device not recognized"
CMIIW, mohon pencerahan, soalnya blm nyoba sih, baru cari2 tutorial :D

T.O.P dah infonya..Thanks

bg udah saya lakukan tip yg ianjurkan dan berhasil namun ada masalah jika menggunakan 3 web cam yang sejenis.... terjadi eror pada proses pemilihan camera pada wall App..
mohon bantuannya

ini tergantung jns webcam nya gk. Aku nyoba pake logiech gk gak mau nampil gambr ny.

ini bisa di record bro? bs lgs save gt? mantabss, coba ahh,, thx gan:))

Thanks atas ilmunya. Saya sekarang sdh punya 2 camera webcam yang saya buat dengan perpanjangan kabel 10m dan 20m. Tetapi kenapa komputer sering hang ya?Punya solusinya nggak? Thanks

sya sudah praktek itu..semua..
komputer dual core, bisa dipasang sampai 4camera, dan makin pendek kabel yang di gunakan akan lebih baik, saya coba pake kabel 10 meter, namun masih sering terjadi error, dalam 24jam kadang sampe dua kali eroor,yang jelas masih belom memuaskan,silahkan barang kali ada yang udah pernah coba.

saya sudah masang tapi saya mau lihat di intrenet atau di hp ko gak bisa yambung gimana caranya ,dan semuany sudah saya conek ke mudem entrenet,kalau tak lihat di koputer saya yambung ke intret bisa,tapi lain ke komputer lain gk bisa,gimanah caranya mohon petunjuk, terimakasi sebelumnya,,

mantabz gan.....
cuma gini, pd saat record file yg tersimpan khan berkapasitas besar. trus apa yg terjadi bila sedang recording lalu hardisk full...???

@ano
gini bro. bisa di setting kok -kwalitas besar kecil hasil rekaman -bisa di setting beberapa potong rekaman, untuk rekaman awal di delete secara otomatis -masih banyak fitur2 yg lain
coba2 cari2 aja bro. ato klo ada waktu boleh deh d jadiin posting ke-4

mastah apakah power ttp bs sampai ke webcam saat kabel dipanjangin mpe 20m tanpa dkasih asupan daya external? soalnya dulu ak prnh panjangin kabel u/ wifi tp power g bs nyampe ke device.. klo pake usb extender mahal :(
mksh infonya

Ya, hari ini sudah saya coba dan berhasil bahwa webcam 7 bisa diakses di internet dengan webserver speedy sehingga cctv dapat diakses di mana saja melalui IP address speedy kita (memang harus IP statik, dapat disetting di router). Namun yang masih menjadi masalah adalah memperpanjang kabel USB ke webcam yang hanya 10 meter, lebih dari ini menjadi error. Mungkin teman-teman ada yang punya pengalaman mencoba kabel perpanjangan USB lebih panjang lagi agar dapat leluasa meletakkan webcam-nya yang cukup jauh dari komputernya. Terima kasih.

@minat
kabel UTP pake merk apa? dah coba merk belden om? lebih mahal memang, cuman hasil lebih memuaskan.

mas bro....link software nya gk bs tuh...please di perbarui ya...

saya dah nyoba,tapi mau nyoba lagi di kompi yang inetnya pake modem smart,,kira kira bisa g ya gan?...

ane udah nyoba gan 5 meter pake webcam sturdy, sofwer webcamXP, bisa diseting video compresingnya, ane tes ngrekam 2 jam cuman 180MB format avi 640x480pixel. Buat kabel lan sih gak harus mahal, tp yg penting isi kawat tembaganya yg tebel. Kalo kompi hang tuh gara2 kepanjangan kabel sambungannya usb jd powernya drop.

@agam
thank bro buat sharingnya

Ijin nyimak dulu gan, karena ane juga tertarik mau buat cctv sederhana buat rumah dan toko..

ijin nyimak ah... sy udah pasang 2 webcam berhasil pk software webcam7 udah bisa di remot dr luar.cuman punya sedikit masalah dr port usb, panjang kabel utp 10m dan di haruskan menggunakan usb port 1.1 soalnya kalau menggunakan usb port 2.0 ga ke detek,padahal kalau bs menggunakan usb port 2.0 hasil cameranya akan lebih bagus di banding dengan usb port 1.1. ada yg tau ga cara membuat usb extender dengan kabel utp tp ttp bs menggunakan usb port 2.0

Sama dengan cara diatas , tapi kepala konektor usbnya langsung disolder ke utp tanpa melalui sisa potongan kabel usb. Konon dg cara itu bs pake usb port 2.0 ,ada juga yg jual jadinya.

saya mau bikin webcam menjadi ip camera tp penelitiannya menggunain rapsbery pi ada yg bisa bantu ga bang?? klo teknis servernya menggunakan linux debian..

klo di topologikan begini mungkin

webcam+rapsberrypi+usb wireless (os debian) ----> langsung server ,, kira2 begitu bang kira" bang admin bisa bantu" beri masukan ato teknik nya ga?

bang ane ada proyek bikin cctv kaya gituan tp os nya debian kira" topologinya gini bang..

webcam+rapsberry pi+ usb wireless---> server debian ,, gitu kira" bang admin bisa bantu" ngasih masukan ato modul teknis nya ga??

@deden
sorry bang q buka ahlinya CCTV. artikel yg saya tulis kebetulan sy hanya share pengalaman, bisa untuk ,menggantikan CCTV yg sebenarnya dengan harga yg lebih terjangkau. meskipun dari kemampuan jg berbeda. namun CCTV menggunakan webcan bisa jadi alternatif jika dana tidak mendukung

"device not recognized" kira2 apa nya ya gan...??
sekalinya ke detect visual cuma tampil black screen doang... waduh klo gagal ane sama aja buang2 duit ini mah... :(

Saya sudah pasang & sdh bs dipantau lewat internet @ hp jg. Modalnya jg minim. Bs sharing ilmu, hub. saya.

saya pake 2 webcam dengan tipe yang sama Logitech N231 nek gag salah, tapi yang bisa cuma salah 1...
kesimpulan : salah satu kamera harus mati...

bgmana gan??mohon info...
thxs..

ane pake utp 6 meter kok ada peringatan unknown device gan?
mohon infonya....

Saya sudah coba pake 3 cam, tp dari 3 cam hanya 2 yg bisa terdetect bisa bergantian. Mohon pencerahan para mastah, gimana caranya mengatasih trable ini, supaya 3 cam bisa terdetect semua. Saya pake Webcam7, OS win7 64bit.
Terimakasih.

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.