Camera CCTV Menggunakan Webcam ( Bag 2 )


Sebelumnya saya posting "Camera CCTV Menggunakan Webcam ( Bag 1 )", pada kali ini saya mo bahas tentang hardware dan software apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Camera CCTV Menggunakan Webcam. Sekalian cara setting software sehingga alat ini bisa beroperasi.



Peralatan / Hardware dan Software yang dibutuhkan :
1. Komputer
Harus ada komputer dunk :). Buat mantau camera webcam. Pake komputer Pentium 3 aja bisa jalan. Tapi kalau untuk memantau dengan banyak camera webcam, sebaiknya menggunakan pentium dengan speed prosessor yang lebih.
2. Camera Webcam
Semua jenis camera webcam bisa digunakan, kecuali yang udah rusak, hee.... :0. Sebaiknya pilih jenis camera webcam yang tahan On 24 jam terus menerus.
3. Khusus untuk penempatan webcam jarak jauh diperlukan kabel perpanjangan. Untuk hal ini akan saya bahas di posting saya selanjutnya.
4. Software Webcam7
Sebenernya ada beberapa software lain selain Webcam7, cuman menurut saya saat ini software yang paling lengkap fiturnya Webcam7.

Langkah langkah instalasi :
1. Hubungkan camera webcam ke USB komputer
2. Instal driver webcam, pastikan camera webcam sudah bekerja.
3. Instal software Webcam7 sampai selesai. Jalankan webcam7, untuk sementara pilih mode free.

Memunculkan camera webcam diwebcam7
- klik kanan pada area pemantauan webcam
- PCI / USB (WDM Driver)
- JPEG USB Video Camera (tergantung kamera yang terinstal)
untuk lebih jelas bisa lihat gambar di bawah





















Menggunakan banyak kamera webcam
Software webcam7 ini dapat digunakan free jika hanya menggunakan 1 camera webcam, untuk menggunakan lebih dari 1 kamera harus berbayar, tapi gak usah kuatir di sini sobat bisa download keygennya (tu ada di bawah), so biar bisa di pakai lebih dari 1 webcam.

Memantau kamera Dari komputer lain jaringan LAN
- Pilih Web / Broadcast






















- Pastikan internal web server is running, jika belum klik enable.
- Untuk membuka webcam dari komputer lain. Buka web browser misal mozilla ketikkan pada address bar :
http://ipaddress:8080
atau
http://computername:8080
nama computername bisa dilihat pada gambar dibawah :











- Buka buka web browser (misal mozilla) dari komputer lain.
tampilan seperti gambar di bawah :
















untuk download software webcam7 klik DISINI <-- untuk download keygen webcam7 klik DISINI <-- untuk hal yang belum jelas monggo silahkan ditanyakan, sapa tau saya bisa bantu. BERSAMBUNG

62 komentar:

keren nih sob, saya dah pernah liat di salah satu warnet pasang cctv pakai webcam

tq ya...bos...terus kalo kita mau pantau via pda windows mobile gimana ya bos....mohon bantuannya ya...

@suma. q belum pena coba. cuman menurut sepengetahuan saya webcam7 emang bisa di pantau lewat internet, bahkan lewat HP sekalipun, cuman komputer mesti di set sebagai web server yang bisa d akses dari manapun, akses internet pun harus dapat ip static (klo speedy minimal paket game). mohon d koreksi buat rekan yg lain.

iNFO YG Menarik. thk om

kalo masalah keygen nya gimana instal nya mas???
mohon infonya ya!!!!!!!

gini nih gan.., ane punya webcam buat ngeliat sebuah objek, cuman jaraknya itu 150 meter dari komputer.., gak bisa dideketin soalnya komputer ada di dalam ruangan sedangkan objek ada di taman...
gimana ya caranya..?
makasih infonya nice banget gan...
:)

makasih, bos. sangat bermanfaat untuk ngawasi pengunjung warnetku

Halo, waktu mau download webcam7 koq dibilang notfound ya..tolong sob..Thanks

Waduh, sangat bermanfaat bro...............

saya pernah nyoba pake webcam7,trus saya pasang java scriptnya di web saya,saya liat pke komputer saya sendiri bisa terlihat gambarnya,tp cb saya cek pke komputer yg tidak dalam jaringan komputer saya gambarnya tidak muncul.setelah saya perhatikan addres yg muncul itu adalah addres komp saya,jadi menurut saya webcam7 tidak bisa di akses di internet yg tidak dalam jaringan.
mudah2han apa yg saya tulis salah,jadi saya bisa memperbaiki kesalahan saya,terima kasih.

trims untuk tutorialnya

saya udah coba dan cukup berhasil.

untuk kamera 1 & 2 sih bisa dan lancar.... tapi saat mau nambah kamera ke tiga gak bisa ... bingung saya :-( lalu muncul pesan :

" information : an error occured while connecting the video source (a device attached to the system is not functioning . ($800701f).).

if yuo are using windows vista or 7, please try again with administrator rights. "

saya coba memakai cpu yang lain tapi kendalanya tetap sama.udah saya cek pc dan webcam yang di pakai ternyata sehat walafiat ...

oh, ya
- spek pc : MB Asus, HD seagate barracuda 500 gb, ram visipro 2 mb, vga nvidia 512 mb prosesor intel core 2 duo 3.00 Ghz, dll
- webcam : prolink 3.2 mega pixel
- os : windows xp sp2

tolong kasih solusinya ya ....
terima kasih .....

bos, link keygen nya tidak jalan ..
boleh minta link yang lain?
email saya :
create_gentz@hotmail.com
trims

@ronald
link keygen dah d perbarui

terima kasih banyak admin..
you're the best!!!

mas bagaimana setting online di web blogger dan di hape sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih oh jawabanya kirim by email mas di futsal.drm@gmail.com tks ya

mas cara penyambungan kabelnya untuk camera lebih dari 1 gmn????
terima ksih sebelumnya.
email : bebsutoc@gmail.com

thx gan tutor nya ,,,ane coba berhasil,,,,mau tanya ada yg tau gak harga camera network (pke wifi ) atau apa gtu tanpa kabel berapa yah???

trims untuk tutorialnya

saya udah coba dan cukup berhasil.

untuk kamera 1 & 2 sih bisa dan lancar.... tapi saat mau nambah kamera ke tiga gak bisa ... bingung saya :-( lalu muncul pesan :

" information : an error occured while connecting the video source (a device attached to the system is not functioning . ($800701f).).

if yuo are using windows vista or 7, please try again with administrator rights. "

makasih bos tutorialnya,bermanfaat banget
tapi link download softwarenya ga jalan bos

mau nanya, saya gagal menyambung kabel webcam saya dengan kabel utp merk belden (8rb/meter) sepanjang 3m. ada solusi untuk memperpanjang kabelnya?

@ARJANA
solusinya d coba lagi aja deh, d cek lagi. sy coba pake UTP 2500/m ja berhasil sepanjang 6m. selamat anda belum beruntung

Kunjungan perdana dari
http://style-logic.blogspot.com
.
boleh minta saran merk n type webcam yg bagus???
good perform saat malam, tahan 24 jam nonstop, n pkonya yg mantep deh...
satu lagi, klo bisa yg harganya murah ya... hehe...

untuk kabel perpanjangan sy sarankan beli aj usb extended, sy sudah pernah menggunakan yg 5-10m untuk modem usb, ga ada masalah..
harganya klo ga salah 45rb...
.
kalau berkenan tolong berkunjung balik n follow ya blog sy...
http://style-logic.blogspot.com
.
terimakasih..

@style
untuk webcam sy coba menggunakan harga 70rb an lancar2 aja. untuk yg bagus kayaknya pake yg lebih mahal kali, katanya harga gak pernah bo'ong.

kebetulan kmaren sy udah beli yg merk ysomc 10 megapixel, 10x digital zoom, plug n play...
tp knapa ya d aplikasi Webcam7 ga bisa d zoom???
apakah ada pengaturan khusus agar dpt melakukan zoom?
http://style-logic.blogspot.com

Klo cara agar aplikasi ini berjalan otomatis saat komputer di nyalakan gmn ya???

samaan nih kasusnya, gbisa nambahin kamera ke-3, mohon pencerahannya Bos...?

@acep masukin keygennya bisa banyak cam

Aplikasinya dah coba bt rekam bs ga bos? Pernah coba dgn soft lain ga bs rekam. Kalopun bisa hanya beberapa menit. Mohon infonya. Thanks

bisa buat rekam. coba d cari2 aja. gampang

gue mau minta saran nhe gan,gmn crax untuk mngaktifkan camera bgian 2 dan setrusnx......? mhon infox gan, mkasih

gan, klo kabel >10m ada caranya gak gan??

mas, sya nyoba pke merk M-TECH yg 5 MP...
tpi pas d sambung k usb extended 2 meter tulisannya USB not recognizer...

Itu knapa ya??
Tolong bantuannya...

mas bagaimana setting online di web blogger dan di hape sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih oh jawabanya kirim by email japarsdk@gmail.com

kenapa ya waktu merekam, suara gak keluar??

gan mo nanya dikit app webcam7 bisa buat 2 camera gak ??

@feed
wah... ketahuan gak baca artikelnya ni.. xii xii

bang saya sdh coba,, tapi gk kedetect webcamnya ,, uknown device,, tapi pake modem dll bisa.
webcamnya yg gk bisa,, klu pake kabel dri usb webcamny lancar " aja,,tp klu sambung kabel UTPny gk ke detect.

py q bisa tu. coba cek lagi. ato mungkin kabelnya

Buat yang sudah beli webcam mahal dan identik lebih dari 2, solusinya adalah pakai usb hub saja. Jangan lupa usb hubnya harus berbeda juga Divice Instance Id -nya agar tak makin hancur/rugi.

Kalau mau manjangin kabel sampai 50 meter pakai usb hub 7 port powered saja dari pada pake kabel utp.

BANG link Nya kena razia
filnya Dihapus

bisa tolong buatin link baru
and kirim ke mail ku
erialbarfirdaus@gmail.com

Jgn lupa cracknya ya

mntap bosss z sudah coba 4 cmera bisa,,,,
gimna cranya klw jrak 100m ..
klw pake kbel usb butuh dana bnyak,,,
tolong solusinya bossss????

nampaknya seru nih ikut gabung ya, memang pada dasarnya webcamxp itu bisa di akses tidak dalam satu jaringan, nah kita butuh tambahan aplikasi yg namanya hamachi... instal di pc yang telah diinstal webcamxp td dan gunakan ip yg diberikan hamachi untuk ip webcamnya yg akan broadcast, buatlah room di dalam hamachi tadi. kemudian instal juga di pc yang untuk melihat dari jauh.. syarat harus konek dg internet ya... joint dah dengan hamachi pc webcam... dah tu coba brows...or ping

cara meminimalkan penyimpanan gimana... gan, coz q nyoba 1 hari 1 malem, 1 camera recordnya nyampe 32gb

atur setting videonya. ada jg atur kamera saat ada sesuatu yg bergerak baru merekam

trims befor my brodh, tp di artikel ga dibahas cara paralel lbh dr 1 camera?

Konfirmasi, bhw keywebcam7 bukan yang itu, karena yang ada di website ini untuk webcamXP atau webcam 6. Untuk webcam7 di crack dulu baru dimasukkan name dan serial numbernya untuk menjadikan webcam 7 PRO. Silahkan browse di mbah Google.

bos pnya q lancar jaya,cm buka lewat lepi pake jaringan wifi lancar,tp buka lewat hp yg ada wifinya kok ga bisa,knpa ya..??mohon ilmunya...

iyan_dos@yahoo.com
saya pemula gan ,,terimakasih,,,ilmunyas sangat bermanfaat,,,akan saya coba,,,,,mohon pencerahan di 087891877771 iyan, terima kasih sebelumnya buat agan agan yang hadir...

klo saya nyoba pke webcam xp,ketika disambungkan ke blooger tidak muncul knp yah?

gan....sya udh nyoba webcam7 pro....sya pakai 10m cabel usb tpi ngk kelihatan gambrarnya...mohon pencerahan

@erlan
terlalu panjang kabelnya.. atau ganti jenis kabel yg lebih bagus

mantap bro.. thanks ya,, bisa ngawasin warnet,,

saya mau tanya,kok tiap kali buka web camp nya muncul tulisan windows explore error

ane mau nanya gan. ane punya hp yg sdh rusak, tapi kameranya masih bagus. bisa ga tu kamera dimanfaatkan jadi webcam atau cctv buatan.
terimakasih banyak sebelumnya gan

sya dah nyoba tutorianya tpi tetep ja bisanya cma 1 kamera, mohon pencerahan agan2 smua?

mas bro linknya gak bisa di buka
di pc lain dan di hp smartphone lainya
mohon petunjuknya

saya sudah mengikuti langkah2nya
di pc saya bisa dan ketika di cek di pc lain tidak bisa

iya gan ziddunya tidak bisa bekerja... mohan bantuannya untuk mendownload

Mas mau tanya dimana ya membuka hasil rekaman kita pada kamera webcam

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.